Sukses

Sakit setelah operasi mucocele

20 Oct 2014, 09:14 WIB
Wanita, 22 tahun.
assalamualaikum.... Saya punya masalah dengan bekas habis operasi saya,stelah dioperasi berapa bulan yang lalu,kok sekarang masih kerasa bengkaknya....dan kebetulan akhir2 nih gi2 saya bagian belakang jg sering sakit,jadinya kepla kanan saya ikut2an sakit,operasi saya kemarin adlh pengangkatan Mucocele labialis,tapi stelah diangkt dan jahitan dibuka gak sakit tapi skrg kok tb2 jadi sakit yah, apa karena efek gi2 lubang saya yang sakit.... Kira2 yang harus saya lakukan apa yah...Terima kasih.... Saya harap bantuannya....( perempuan, 22 thn,152 cm,38 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Sdri. yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Pertama-tama, perlu sedikit saya singgung mengenai penyebab terjadinya mucocele. Air liur kita dialirkan dari kelenjar air liur ke dalam mulut melalui suatu saluran kecil yang disebut duktus. Terkadang bisa terjadi ujung duktus tersumbat atau karena trauma misalnya bibir sering tergigit secara tidak sengaja, sehingga air liur menjadi tertahan tidak dapat mengalir keluar dan menyebabkan pembengkakan, yaitu mucocele.

Proses penyembuhan luka paska operasi memang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pulih secara sempurna. Terutama bila jaringan lunak yang luka/diambil cukup banyak seperti dalam kasus Anda atau pada operasi pengangkatan gigi geraham. Dalam waktu 2 hari sampai 3 minggu, terjadi proses yang disebut granulasi dimana  tepi-tepi luka mulai menutup kemudian terjadi proses epitelisasi. Proses penyembuhan berlanjut dari mulai 3 minggu hingga sampai 2 tahun, dimana jaringan kolagen mulai terbentuk.

Karena letaknya di bagian dalam bibir, ada saja kemungkinan luka bekas operasi bergesekan dengan makanan keras saat mengunyah atau sedikit terbentur sehingga proses penyembuhan sedikit terganggu.Selain itu, ada kemungkinan juga mucocele terbentuk kembali. Coba Anda perhatikan bibir di daerah bekas operasi tersebut, apakah memperlihatkan gejala klinis yang mirip seperti sebelum dioperasi.

 Apa yang Saya kemukakan hanya berdasarkan asumsi dan dugaan, untuk memastikan apa yang sesungguhnya terjadi harus tetap diperiksa secara langsung oleh dokter gigi. Jadi Saya sarankan Anda kembali berkonsultasi, bisa dengan dokter gigi yang melakukan operasi tersebut, juga untuk merawat gigi belakang Anda yang sakit. Saya rasa kemungkinan adanya hubungan antara sakit yang Anda rasakan di bibir dengan sakit pada gigi itu relatif kecil.

Demikian informasi yang Saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi Klikdokter.

 

Drg. Martha,

(Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut klikdokter.com)

    0 Komentar

    Belum ada komentar