Sukses

Batas kadaluarsa obat sirup

19 Oct 2014, 22:25 WIB
Wanita, 28 tahun.
dokter,saya mau menanyakan ttg kadaluarsa obat panas sirup,obat batuk sirup dan segala obat berbentuk sirup yang disimpan di lemari es.bolehkan dipakai lebih dr 1 bulan meskipun tgl kadaluarsanya masih lama?pertanyaan kedua kenapa anak sembelit sebaiknya jng mkn pisang,apel dan susu.padahal anak saya sangat menyukai buah tsb.memang sih dok anak saya suka sembelit.saya minta solusi dr dokter.terima kasih dokter.( perempuan, 28 thn,155 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Apabila obat belum dibuka, Anda dapat menyimpannya sampai mendekati tanggal kadaluarsa untuk dipakai. Namun apabila obat sudah dibuka, disarankan tidak disimpan lebih dari 2-3 bulan. Hal ini dikarenakan obat yang sudah terbuka tidaklah steril lagi. Kuman dapat dengan mudah berkembang biak apabila kita semakin lama menyimpannya, berbeda dari obat tablet yang dibungkus steril satu per satu. Jadi permasalahan disini bukanlah waktu kadaluarsa, namun kapan waktunya Anda membuka obat tersebut.

Buah yang Anda sebutkan membantu membentuk massa feses/tinja menjadi lebih padat. Pada kasus diare memang dianjurkan memakan pisang karena akan membantu menghentikan diare dengan membantu membuat massa feses. Begitu pula sebaliknya dengan anak yang mengalami konstipasi (sembelit) maka tidak disarankan memakan pisang. Mengenai susu, pada umumnya susu akan menyebabkan penarikan cairan yang membuat menjadi diare, Tapi pada beberapa kasus, susu juga dapat menyebabkan konstipasi.

Apabila anak Anda mengalami konstipasi, lebih baik mintalah ia untuk mengonsumsi banyak cairan dan lebih banyak lagi makan serat (buah pepaya, semangka, sayur hijau) untuk membantunya mengatasi konstipasi.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    1 Komentar

    • Shanti Susanti Ariyanti

      Dok anak saya 11 bulan lgi panas. Dan dirumah cuma ada obat sanmol syirup. Tapi sudah dibuka bulan kemaren. Di kemasan exp nya tertera Masi lama. Apa Masi boleh dipakai untuk anak saya dok ?