Sukses

Pajanan sekolah usia dini, perlukah?

15 Jun 2009, 10:05 WIB
Wanita, 27 tahun.
hallo.... sebenernya bingung ngepos-innya bener gak nih,.... bagini dok, saya pengin nanya mengenai psikologi pendidikan anak saya, secara sekarang berumur2tahun 5 bulan.dia sudah bisa mengeja huruf a-z dan berhitung serta tau angka 1-10.. tapi memang belom bisa menulis.. dia suka mencoret-coret di buku.dia terkadang minta sekolah... saya baca2 artikel serta tanya2 sama teman...yang ada saya jadi bingung...(ya, memang saya semestinya bisa ambil sikap dari info yang ada) tapi saya pingin tau dari ahlinya bagaimana semestinya sikap saya yang benar menghadapi anak saya... sudah perlukah anak saya saya masukkan sekolah? info yang benar masuk SD umur berapa ya? karena tetangga saya juga kurang umur harus kasih tambahan biaya( untuk menghitung umur) dan harus melalui tes untuk yang SD favourit.ok...thanks ya dok atas infonya( perempuan, 27 thn,160 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Perkembangan anak pada usia 2 tahun 5 bulan diantaranya adalah :

  • Jalan naik tangga sendiri
  • Dapat bermain dan menendang bola kecil
  • Mencoret-coret pensil pada kertas
  • Bicara dengan baik, menggunakan 2 kata
  • Dapat menunjuk 1 atau lebih bagian tubuhnya ketika diminta
  • Melihat gambar dan dapat menyebut dengan benar nama 2 benda atau lebih
  • Membantu memungut mainannya sendiri atau membantu mengangkat piring jika diminta
  • Makan nasi sendiri tanpa banyak tumpah
  • Melepas pakaiannya sendiri

Yang anak Anda pelajari saat ini sangatlah bagus. Dengan keaktifannya, dia akan
membutuhkan lebih banyak rangsangan untuk meningkatkan kemampuannya. Untuk usianya, Anda
dapat memasukkan anak Anda ke playgroup terlebih dahulu. Di sana anak Anda akan belajar
bersosialisasi dan belajar sambil bermain.

Jangan terlalu terburu-buru memasukkan anak Anda ke sekolah formal. Harap diingat bahwa anak Anda adalah 'anak-anak' yang memiliki mood cepat berubah, memiliki keinginan yang banyak dan berbeda-beda, dan sangat cepat bosan.  Pajanan sekolah formal terlalu dini akan menyebabkan anak menjadi merasa tertekan dan ujungnya ia akan menolak untuk sekolah.

Yang perlu Anda lakukan saat ini adalah merangsangnya terus dengan berbagai cara agar ia tetap belajar dan terasah sambil bermain. Perkembangan pada anak bukan hanya perkembangan intelegensia, namun juga melihat perkembangan motorik (gerakan) dan sensorik (perabaan).

Untuk reguler, anak umumnya dimasukkan ke sekolah dasar pada usia 6 tahun. Pendidikan pun sekarang semakin maju, untuk masuk ke sekolah dasar, anak akan melalui serangkaian tes dari membaca, menulis, dll.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar