Sukses

IPV atau OPV?

20 Oct 2014, 08:04 WIB
Wanita, 27 tahun.
Selamat siang dok, Dok, anak saya waktu umur 3 bulan menerima vaksinasi pediacel tahap I yaitu vaksinansi DPT sekaligus dengan Hib dan polio yang disuntikkan. Sekarang saya berencana untuk pinda dokter yang dekat dengan rumah. Nmaun, setelah saya tanyakan ternyata disana tidak terdapat pediacel yang ada adalah Tetra - Hib dan vaksin polio diberikan secara oral. Pertanyaan saya adalah, apakah diperbolehkan untuk mengganti vaksin yang sebelumnya menggunakan pediacel tahap I dengan tetra - Hib? Apa resikonya bagi anak saya? Terima kasih dokter...( perempuan, 27 thn,55 cm,5 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebetulnya perbedaan antara kedua merek vaksin tersebut adalah pada kandungan Inactivated Polio Vaccine (IPV) yaitu vaksin polio yang dibuat dari virus polio yang dimatikan dan diberikan dalam bentuk injeksi. Sedangkan, isi vaksin DPT dan HiB-nya sama saja.

Apakah beda antara vaksin polio yang diberikan secara injeksi tersebut (IPV) dengan yang diberikan secara oral (OPV)? IPV mengandung virus polio yang sudah dimatikan, sedangkan OPV mengandung virus polio yang dilemahkan. Kedua jenis vaksin ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk membaca lebih lengkap mengenai hal ini, Ibu dapat membuka artikel kami pada tautan ini: Terobosan Dunia Media 2009 (5-in-1 Vaccine).

Ada dua pilihan, yaitu dua vaksinasi pertama dengan IPV dan dua vaksinasi terakhir dengan OPV; atau keempatnya dengan IPV. Jika memang tidak ada gangguan, sebaiknya semua dengan IPV. Anak Ibu sudah mendapatkan vaksinasi kombo yang mengandung IPV pada usia 3 bulan. Lebih baik untuk pemberian vaksinasi yang ke-dua ini, digunakan IPV juga. Sedangkan untuk yang berikutnya dapat diberikan OPV atau IPV. Diskusikanlah dengan dokter anak Ibu mengenai hal ini. 

Jadi pilihan yang Ibu miliki saat ini adalah tetap menggunakan vaksin yang mengandung IPV atau memberikan vaksin kombo DPT-HiB dan IPV secara terpisah pada waktu yang sama. Untuk lebih jelasnya, bicarakanlah dengan dokter anak Ibu.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terima kasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar