Sukses

Infeksi mata pada anak

19 Oct 2014, 12:59 WIB
Wanita, 32 tahun.
pagi dokter, anak saya laki laki 14 bulan, kena sakit mata, matanya merah dan bengkak, anak saya tertular dari kakeknya yang kena sakit mata juga. bagai mana penanganan dan pengobatan sakit mata pada balita.... apakah boleh memakai tetes mata biasa, seperti rohto atau insto??? dan bagaimana pula penanganan dan pengobatan pada orang dewasa??? terima kasih dokter....( perempuan, 32 thn,160 cm,70 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Infeksi pada mata dapat disebabkan oleh virus atau bakteri. Umumnya, pada anak-anak infeksi disebabkan oleh virus. Tanda infeksi virus adalah mata sangat merah dan bengkak disertai sekret yang bening (berair). Berbeda dari infeksi bakteri yang ditandai oleh keluarnya sekret yang berwarna (kuning - hijau) atau belekan. Infeksi virus juga dapat disertai gejala lain seperti hidung berair, batuk, atau nyeri tenggorokan. Banyak anak dengan infeksi mata akibat virus yang mengalami pembesaran kelenjar getah bening di depan telinga.

Kemungkinan besar infeksi mata pada anak Ibu disebabkan oleh virus yang memang sangat menular. Infeksi karena virus tidak membutuhkan pengobatan khusus karena akan sembuh sendiri dalam waktu beberapa hari sampai 10 hari. Hal ini juga berlaku untuk infeksi pada orang dewasa. Gunakanlah kapas dengan air hangat untuk membersihkan sekret dari mata. Jagalah agar daerah mata tetap dalam keadaan bersih. Jangan gunakan obat tetes mata yang dijual di pasaran.

Jika Ibu tidak yakin apakah infeksi ini merupakan infeksi virus atau bakteri sebaiknya Ibu membawa anak Ibu ke dokter spesialis anak atau dokter spesialis mata untuk diperiksa lebih lanjut. Karena infeksi bakteri perlu penanganan yang cepat dan tepat untuk menghindari komplikasi.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terima kasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar