Sukses

Keluar gumpalan pink

18 Oct 2014, 02:30 WIB
Wanita, 31 tahun.
Alhamdulillah istri saya positif hamil, umur kandungan 7 minggu. Tapi istri saya beberapa hari ini ada flek2, sudah konsultasi ke dokter, sama dokter diberi obat penguat kandungan. Setelah minum obat tersebut flek2nya berkurang, tapi keluar gumpalan kecil warna pink. Yang saya mau tanyakan apa gumpalan tersebut? Sebelumnya saya mengucapkan banyak terima kasih atas jawabannya.( perempuan, 31 thn,160 cm,57 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Perdarahan yang berupa flek-flek pada kehamilan muda dapat berasal dari dalam atau luar rahim. Sebetulnya keluarnya flek pada triwulan pertama bisa merupakan hal yang normal yaitu perdarahan desidual. Perdarahan ini terjadi sebelum ikatan antara plasenta dengan dinding rahim benar-benar kuat. Pada masa ini, sebagian dari dinding rahim dapat robek seehingga menyebabkan perdarahan desidual. Perdarahan ini diperkirakan terjadi karena ketidakseimbangan hormon pada triwulan pertama.

Namun, keluarnya flek pada triwulan pertama juga dapat mengindikasikan tahap awal keguguran. Keguguran pada triwulan pertama disebut juga abortus spontan. Hal ini umumnya disebabkan oleh kelainan perkembangan kromosom (genetik) pada janin. Salah satu tanda dari abortus ini adalah keluarnya gumpalan, terutama jika disertai rasa mulas atau kram pada perut bagian bawah. Belum tentu gumpalan pink yang keluar tersebut merupakan jaringan janin. Namun, untuk memastikannya, sebaiknya Bapak membawa istri Bapak kembali ke dokter kebidanan dan kandungan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terima kasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar