Sukses

Sakit kepala sebelah

10 Jun 2009, 17:25 WIB
Wanita, 26 tahun.
Pagi dokter, saya wanita berusia 26 thn dan saya punya keluhan pada kepala belakang sebelah kiri letaknya di sebelah telinga. Kepala saya sering sakit memang tidak terlalu lama paling hanya 3 detik saja tetapi dalam waktu 15 menit bisa 3-4 kali terjadi dan rasa sakitnya bs membuat saya pitam dan hal ini saya alami sejak setahun yang lalu. Apakah ini ada hubungannya dengan mata saya memang menggunakan kaca mata sudah 5 tahun dan minusnya kecil hanya 0.5 dan silindris 0.5 itu pun tidak pernah bertambah. Saya jg menggunakan jilbab apa ada pengaruhnya juga karena terlalu menekan kepala. Tolong penjelasannya dokter apakah ini hanya sakit kepala biasa atw ada yang tidak normal dan apa yang harus saya lakukan untuk bisa mengurangi nyeri d kepala. Terima kasih sebelumnya.( perempuan, 26 thn,150 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sakit kepala sebelah paling kemungkinan besar merupakan gejala migren. Dasar dari migren adalah adanya pelebaran/pembengkakan pembuluh darah otak yang sehingga menimbulkan rasa nyeri karena menekan jaringan di sekitarnya. Tidak berhubungan dengan mata rabun jauh atau penggunaan jilbab. Apakah sakit kepala tersebut dicetuskan oleh hal-hal tertentu?

Pencetus-pencetus serangan migren, umumnya berupa bau-bau tertentu, perubahan pola tidur, telat makan, stress psikis ataupun fisik, asap rokok, dll. Sedangkan makanan-makanan yang dapat memicu, antara lain:

  1. Makanan yang banyak mengandung Thyramine (keju, red wine)
  2. Makanan yang mengandung Monosodium Glutamate (MSG) / vetsin
  3. Makanan yang difermentasi
  4. Alkohol
  5. Caffeinated (minuman bersoda, teh, kopi)

Cobalah identifikasi jika memang ada pencetus serangan sakit kepala. Sedangkan untuk mengurangi nyeri Ibu dapat mengkonsumsi obat-obatan sakit kepala yang mengandung kafein yang dijual bebas. Jika sakit berlanjut atau obat bebas yang diminum tidak lagi efektif, sebaiknya Ibu berobat ke dokter. Dokter mungkin akan meresepkan obat migren yang dapat dibeli dengan resep dokter, seperti ergotamin. Ergotamin juga memiliki efek konstriksi pembuluh darah serta menghambat transmisi saraf trigeminal. Selain itu, dokter juga dapat memikirkan kemungkinan penyebab lain dengan diperiksa secara langsung.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terima kasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar