Sukses

Gangguan haid dan nyeri perut

17 Oct 2014, 21:15 WIB
Wanita, 22 tahun.
Selamat Siang Dok, Saya wanita, 23 tahun, dan sudah menikah. Beberapa minggu ini, Saya mengalami hal yang tidak biasa pada organ intim saya. Hal2 yang ingin saya tanyakan, yakni : 1. Bulan ini haid saya mundur 1 minggu dari jadwal bulan lalu. Hari 1-4 yang keluar hanya darah berwarna coklat pekat yang sedikit (padahal biasanya hari 1-4 sedang banyak2nya), baru hari ke-5 mulai agak banyak dengan warna merah darah normal. Namun sudah hampir 14 hari, haid saya tidak kunjung usai. Selama hampir 14 hari ini, haid yang keluar konstan, jadi tidak banyak dan tidak sedikit juga (padahal biasanya bulan2 kmrn hanya 7 hari haid, 4 hari banjir, 3 hari sedikit disusul flek hingga usai). Saya beberapa kali mengalami telat bulan seperti ini, namun tetap dalam siklus 7hari. Baru kali ini hingga 14 hari. Ada gejala apa ya, Dok ? 2. Kemarin saat haid saya sudah mulai sedikit (flek coklat namun agak banyak), saya berhubungan intim dengan suami.Sekitar setengah jam kemudian, saat membersihkan miss v, bagian bawah perut sebelah kanan agak terasa nyeri. Apakah ini efek dari hubungan intim tadi ? Bahayakah berhubungan intim saat flek sisa haid masih ada? dan adakah dampaknya untuk organ intim suami ? 3. Sudah 2 minggu ini (beberapa hari sebelm haid), pinggiran selangkangan saya gatal (bukan dibibir vagina,namun dipangkal paha), dan saya garuk agak kuat, hinggga perih. Apakah ini jamur?? atau perih yang saya rasakan adalah lecet karena garukan ? bagaimana menghilangkan gatalnya? 4. Selama ini Saya membersihkan miss v dengan sabun bayi, apakah aman atau tidak? Apakah menggunakan abhotyl aman untuk miss v, Dok ? dan jika perih karena gatal diberi bedak, berbahaya tidak ya ? Mohon dijawab dengan rinci ya, Dok ? Saya sangat membutuhkan saran Dokter. Terima Kasih. (perempuan, 22 thn,161 cm,52 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Kami mengerti betapa keluhan-keluhan yang Anda alami selama ini telah membuat Anda merasa khawatir dan tidak nyaman. Untuk itu kami akan menjelaskannya satu demi satu, agar dapat dipahami dengan baik.

Mentruasi tidak teratur

Terdapat beberapa keadaan yang dapat menyebabkan keluarnya darah dari kemaluan seorang perempuan. Hal ini dapat terjadi baik secara normal maupun abnormal. Perdarahan dari vagina karena menstruasi adalah bentuk normal yang dapat ditemukan pada setiap perempuan setelah pubertas, selama terjadi dalam siklus yang teratur dan berkisar selama 3-7 hari. Tanggal menstruasi yang berubah sebenarnya tidaklah masalah, selama siklus menstruasi Anda masih berada dalam rentang waktu 21-35 hari. Namun Anda mengatakan bahwa menstruasi terakhir Anda berlangsung selama > 7 hari. Dalam bahasa medis kami biasa menyebut keadaan ini menoragia, yakni menstruasi berlangsung lebih panjang dari 7 hari. Penyebabnya sangat bervariasi, mulai dari penyebab organik, endokrinologik (hormonal), anatomik, hingga tindakan medis tertentu.

Penyebab organik meliputi infeksi alat genital dan kemih, gangguan faktor pembekuan darah, dan gangguan fungsi organ (hati atau ginjal). Penyebab endokrin meliputi gangguan fungsi kelenjar tiroid dan adrenal, tumor pituittari, siklus anovulatorik (siklus tanpa pelepasan sel telur matang), sindrom polikistik ovari, obesitas, dan ketidakseimbangan pembuluh darah. Dan penyebab anatomik meliputi fibroid rahim, polip endometrium (dinding rahim), hiperplasia endometrium, dan kehamilan. Tindakan pemasangan alat kontrasepsi dalam rahim, pemberian hormon steroid, agen kemoterapi, dan obat pengencer darah juga dapat menyebabkan keluhan menstruasi memanjang. Selain itu masih ada faktor psikologik (stres) dan kekurangan vitamin K yang dapat menimbulkan keluhan serupa.

Mengingat informasi yang Anda berikan masih sangat terbatas, masih terlalu cepat untuk memutuskan diagnosis penyakit Anda. Idealnya perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya, terlebih saat ini Anda juga mengeluhkan nyeri perut kanan bawah dimana organ reproduksi Anda terletak . Untuk itu kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk tatalaksana yang optimal. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan mulai dari pemeriksaan fisis hingga pemeriksaan penunjang (USG, laboratorium darah dan urin apablia diperlukan) untuk menegakkan diagnosis. Diskusikanlah setiap kemungkinan di atas dengan dokter Anda agar dapat tercapai solusi yang terbaik untuk Anda.

Hubungan intim saat masih menstruasi

Melakukan hubungan intim saat menstruasi tidaklah masalah, selama Anda dan suami terjamin bebas dari infeksi kemaluan. Darah menstruasi sebenarnya tidak akan berpengaruh buruk pada suami Anda. Tetapi lain hal apabila Anda atau suami ada yang memiliki infeksi pada kemaluannya. Oleh karena saat menstruasi, leher rahim sedang dalam kondisi terbuka, yang akan memudahkan kuman masuk ke dalam rahim. 

Keluhan gatal di sela paha

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, terdapat beberapa hal yang perlu dikonfirmasi terlebih dahulu:

  1. Adakah saat tertentu Anda merasa gatal? Apakah dirasakan setiap saat, terutama dirasakan saat malam hari, atau saat berkeringat?
  2. Apakah yang Anda lakukan selama ini untuk mengurangi gatalnya? dsb

Terdapat beberapa keadaan yang dapat menyebabkan keluhan gatal pada sela paha, antara lain dapat timbul karena infeksi jamur, alergi, stres, kelembaban, dsb. Namun perlu diketahui bahwa diagnosis penyakit kulit dan kelamin sebenarnya akan lebih mudah ditegakkan melalui pemeriksaan langsung. Idealnya perlu dilakukan pemeriksaan langsung terlebih dahulu untuk menentukan penyebab keluhan tersebut. Meski timbul di tempat yang sama, penyebab yang berbeda dapat menimbulkan gambaran kelainan yang berbeda pula. Untuk itu kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter umum atau dokter spesialis kulit dan kelamin untuk tatalaksana yang optimal. 

Bedak boleh-boleh saja digunakan pada daerah yang gatal, selama tidak ada lecet ataupun luka terbuka lainnya, karena pada keadaan ini bedak akan menggumpal dan justru menjadi media yang baik untuk pertumbuhan kuman. Mengenai penggunaan sabun antiseptik pada kemaluan, lebih baik tidak Anda lakukan. Vagina perempuan tidak hanya mengandung bakteri jahat, tetapi juga bakteri baik yang akan melawan bakteri jahat dan mempertahankan keasaman vagina. Penggunaan sabun antiseptik tidak hanya membunuh bakteri jahat, tetapi juga akan membunuh bakteri baik dalam vagina. Beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah:

  • Hindari menggaruk. Apabila gatal tidak tertahankan cukup dibasuh dengan air dingin
  • Jagalah kebersihan dan kekeringan daerah kemaluan Anda
  • HIndari penggunaan celana ketat yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat
  • Apablia ingin menggunakan panty liner, pilihlah yang tidak mengandung pengharum dan tidak digunakan selama lebih dari 6 jam
  • Apabila hendak membilas setelah buang air kecil, lakukanlah dengan arah dari depan ke belakang kemudian dikeringkan menggunakan handuk.

Sensasi gatal yang Anda alami dapat dikurangi dengan konsumsi obat olongan antihistamin, namun sebaiknya  obat ini tidak dikonsumsi tanpa pengawasan dokter. Bagaimanapun, yang terbaik adalah mengetahui penyebab keluhan Anda, agar tatalaksana dapat disesuaikan  secara optimal.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar