Sukses

Sakit mata cepat menular?

19 Oct 2014, 22:38 WIB
Pria, 28 tahun.
dok, kenapa ya kalo sakit mata sangat cepat penyebarannya, soalnya saya kena di kantor terus sekarang keluarga juga jadi kena. kenapa ya?? trus cara menghindari penularannya bagaimana?? nuhun dok. (laki-laki, 28 thn, 163 cm, 81 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Mata adalah jendela dunia, itu benar. Dan karena alasan tersebut, mata menjadi organ yang erat kaitannya dengan kondisi lingkungan. Pajanan polusi, layar komputer, televisi tanpa kita sadari dapat menimbulkan masalah pada mata di kemudian hari, baik iritasi, infeksi hingga gangguan penglihatan.

Pada kasus Anda, transmisi terjadi begitu cepat. Hal ini sangat mungkin terjadi pada penyakit mata akibat infeksi, dimana banyak sekali kondisi-kondisi yang dapat menularkan kuman infeksi tanpa kita sadari. Pada penyakit mata akibat infeksi, kuman berada dalam sekret/cairan mata. Dan bergantung pada kuman penyebabnya, penularan dapat terjadi melalui udara, dari ibu ke janin selama kehamilan, dari ibu ke bayi saat  melahirkan, atau kontak dengan sekret/cairan mata, baik langsung maupun tidak langsung. Sebagai contoh: menggosok mata setelah berjabat tangan dengan penderita yang menggunakan tangan yang sama yang ia pakai untuk menggosok matanya, menggunakan handuk yang sama dengan yang digunakan penderita untuk membasuh mukanya, dsb. Hal ini sebenarnya dapat dicegah dengan menerapkan kebiasaan yang paling mendasar dan penting, yakni cuci tangan. Bagi penderita sangat dianjurkan untuk mencuci tangan setelah memegang serta mengobati mata, membuang tisu yang telah digunakan ke tempat sampah, serta memisahkan handuk yang biasa dipakai agar tidak terpakai oleh orang lain.

Anda dapat mengklik Bagaimana cara Mencuci Tangan yang Benar? untuk mengetahui langkah-langkah mencuci tangan yang benar.

Apabila Anda pengguna hand sanitizer, baca juga artikel mengenai Hand Sanitizer Membantu Melindungi Serangan Flu?

Dan yang tidak kalah penting adalah menjaga kesehatan mata itu sendiri. Anda dapat membacanya dalam salah satu artikel tips hidup sehat kami yang berjudul Cara Sederhana Jaga Kesehatan Mata.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar