Sukses

Cara membersihkan karang gigi?

20 Oct 2014, 09:26 WIB
Wanita, 26 tahun.
dear Dokter, bagaimana ya cara utk menghilangkan karang/plak gigi? apakah hanya bisa oleh dokter gigi? many thanks sebelumnya.( perempuan, 26 thn,159 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Sdri yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Karang gigi (dental calculus) memang dapat dicegah atau dihambat pembentukannya, karena pada dasarnya kalkulus adalah plak (kotoran gigi ) yang mengeras karena adanya mineral yang mengendap yang berasal dari cairan mulut dan makanan/minuman. Jadi bila Anda membersihkan gigi dengan seksama di seluruh permukaan gigi (bukan hanya di permukaan depan gigi yang terlihat saat Anda tersenyum) secara seksama, terutama di sela-sela gigi, maka plak akan bersih sebelum terlanjur mengeras. Setiap orang memiliki kecepatan pembentukan karang gigi yang bervariasi, selain tergantung pada pola dan cara pembersihan gigi juga bergantung pada pola makan dan kekentalan liur. Umumnya lama kelamaan kalkulus tetap dapat terbentuk sekalipun kita sudah membersihkan gigi secara maksimal, tapi biasanya hanya berupa segaris tipis di daerah leher gigi (yang berbatasan dengan gusi).

Namun bila kalkulus sudah terlanjur terbentuk, tidak dapat dibersihkan dengan sikat gigi atau menggunakan obat kumur sekalipun dikatakan obat kumur tersebut dapat mengatasi karang gigi. Obat kumur hanya membantu mencegah pembentukan kalkulus, pada saat kalkulus belum terbentuk sama sekali. Perlekatan kalkulus ke permukaan gigi cukup kuat, dan umumnya kalkulus tidak hanya terbentuk di permukaan mahkota gigi tapi juga di bawah gusi. Pasien tidak disarankan untuk membersihkan sendiri karang giginya karena selain belum tentu bersih, juga dapat melukai gusi dan mungkin terjadi infeksi.

Oleh karena itu bila ternyata Anda menemukan adanya deposit kalkulus pada gigi Anda, segeralah berkonsultasi secara langsung ke dokter gigi untuk dilakukan scaling (pembersihan karang gigi). Scaling akan dilakukan dengan menggunakan alat scaler ultrasonic yang dapat menghancurkan kalkulus lebih mudah tanpa merusak gigi. Namun perlu Anda perhatikan, pada saat scaling dilakukan umumnya gusi akan berdarah dan terasa ngilu terutama saat pembersihan kalkulus di bawah gusi. Setelah itu dokter gigi akan  membersihkan gigi dengan antiseptik untuk mencegah infeksi. Kalkulus yang dibiarkan lama kelamaan akan semakin menumpuk, selain mengganggu keindahan senyum karena warnanya yang kecoklatan juga dapat menyebabkan peradangan gusi sehingga gusi mudah berdarah dan merupakan salah satu faktor penyebab bau mulut. Selain itu lama-lama tulang menjadi rusak karena bakteri yang berkoloni di kalkulus tersebut, akhirnya gigi menjadi goyang. Oleh sebab itu kalkulus harus dibersihkan.

Demikian yang dapat Saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.
Terima kasih telah menggunakan fitur konsultasi Klikdokter.

Drg. Martha Mozartha

    0 Komentar

    Belum ada komentar