Sukses

Imunisasi ibu hamil

08 Jun 2009, 10:19 WIB
Wanita, 29 tahun.
siang dok, usia kandungan sy skrg 17 mgg, yg mau sy tanyakan adalah : 1. Posisi tdr apakah yg baik dan tdk membahayakan janin di dalam kandungan pada usia kandungan sy tsb? 2. sampe skrg sy msh berhubungan intim dgn suami dalam posisi sy di bawah dan sperma suami dikeluarkan di luar vagina krn sy tkt nnti sperma yg masuk akan menyebabkan kontraksi kandungan, apakah posisi tsb msh aman pada usia kndungan sy tsb, dan pada usia kandungan br blnkah posisi hubungan intim dmn ibu hamil hrs berada diatas? 3. apakah susu khusus ibu hamil msh tetap hrs diminum bila asupan makanan ibu cukup akan gizi? 4. apakah pada saat hamil ada kewajiban untuk ibu diimunisasi? klo ada, pd usia kandungan brp bln? krn sy diingatkan oleh Kakak sy untk jgn lupa imunisasi pd usia kandungan 4 dan 7 bln, apakah benar dok? trim's atas jawabannya.... ( perempuan, 29 thn,155 cm,56 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan yang Anda ajukan :

1. Posisi tdr apakah yg baik dan tdk membahayakan janin di dalam kandungan pada usia kandungan sy tsb?

Sebaiknya wanita hamil tidak tidur telentang karena posisi tidur tersebut akan menekan aliran pembuluh darah ke rahim yang mengakibatkan berkurangnya suplai nutrisi dan oksogen ke janin. Tidak juga dianjurkan untuk tidur telungkup karena dapat menekan rahim. Yang dianjurkan bagi wanita hamil adalah tidur dalam posisi miring


2. sampe skrg sy msh berhubungan intim dgn suami dalam posisi  sy di bawah dan sperma suami dikeluarkan di luar vagina krn sy tkt nnti sperma yg masuk akan menyebabkan kontraksi kandungan, apakah posisi tsb msh aman pada usia kndungan sy tsb, dan pada usia kandungan br blnkah posisi hubungan intim dmn ibu hamil hrs berada diatas?

Inti dari posisi ketika berhubungan intim di kehamilan adalah rahim atau perut dari ibu hamil tidak boleh tertekan. Tidak ada masalah posisi misionaris asalkan suami tidak menekan perut Anda. PAda kehamilan trimester akhir akan lebih dianjurkan posisi ibu hamil di atas atau posisi miring.

3. apakah susu khusus ibu hamil msh tetap hrs diminum bila asupan makanan ibu cukup akan gizi?

Zat gizi yang sangat diperlukan dari susu adalah kalsium untuk perkembangan tulang dan gigi janin. Apabila Anda mengonsumsi makanan kaya akan kalsium dalam jumlah yang cukup setiap harinya dari sumber yang berbeda (keju, yoghurt, ikan), maka tidak ada masalah apabila tiak mengonsumsi susu. Namun tentu harus dipastikan jumlah asupan kalsium dan zat gizi lainnya sesuai dengan kebutuhan nutrisi sesuai dengan usia kehamilan Anda saat ini. Anda dapat melihat jumlah kebutuhan zat gizi ibu hamil melalui fitur Kalender Kehamilan kami

4. apakah pada saat hamil ada kewajiban untuk ibu diimunisasi? klo ada, pd usia kandungan brp bln? krn sy diingatkan oleh Kakak sy untk jgn lupa imunisasi pd usia kandungan 4 dan 7 bln, apakah benar dok?

Imunisasi yang diberikan pada ibu hamil adalah imunisasi TT (tetanus toksoid). Hal ini diberikan karena tetanus merupakan risiko yang dapat terjadi (tetanus neonatorum) apabila kondisi atau tempat untuk melahirkan tidak higienis. Hal ini sering terjadi di masa lampau karena dulu masih banyak kelahiran ditolong oleh dukun yang tidak menggunakan alat yang steril.

Namun saat ini apabila melahirkan dilakukan oleh bidan/dokter dengan peralatan yang steril maka risiko tetanus pada bayi baru lahir sudah banyak berkurang. Perlu diperhatikan bahwa pemberian imunisasi pada wanita hamil adalah aman. Jadwal pemberian imunisasi TT adalah :

  • Pemberian pertama: Segera setelah kehamilan
    terdeteksi.

  • Pemberian kedua: Sebulan
    setelah pemberian vaksin pertama, dan paling lambat dua minggu sebelum waktu
    kelahiran.

  • Pemberian ketiga: 6-12 bulan
    setelah pemberian vaksin kedua, atau selama masa kehamilan berikutnya.

  • Pemberian keempat: 1 tahun
    setelah pemberian vaksin ketiga, atau selama masa kehamilan berikutnya.

  • Pemberian kelima: 1 tahun setelah
    pemberian vaksin ketiga, atau selama masa kehamilan
    berikutnya.

Jika seorang gadis atau wanita telah diberikan 5 kali vaksin tetanus dengan rentang waktu yang tepat, ia akan terlindungi sepanjang hidupnya. Anak-anaknya juga terlindungi selama beberapa minggu awal setelah kelahiran mereka. Konsultasikanlah hal ini dengan dokter kebidanan Anda

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar