Sukses

Rinitis dan sinusitis

05 Jun 2009, 14:01 WIB
Wanita, 33 tahun.
Selamat sore Dokter sudah hampir 1 tahun saya sering pilek dan kalau sudah pilek pasti saya pusing. setiap kali saya pilek saya selalu periksa dan diberikan obat. obat saya minum sampai habis termasuk jenis antibiotika dan pilek saya sembuh. tetapi 2 minggu berikutnya saya pilek lagi lebih-lebih apabila didaerah dingin sampai saya tidak bisa bernafas.saya pernah menjalani ct scan dr pemeriksaan tersebut saya mengalami sinusitis. apakah saya alergi?dan bagaimana penyembuhannya biar saya tidak pilek terus menerus. terima kasih salam( perempuan, 33 thn,160 cm,53 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Pilek yang Anda alami terus menerus kemungkinan merupakan rinitis alergi. Rhinitis  alergi adalah kelainan pada hidung dengan gejala-gejala bersin-bersin, keluarnya cairan dari hidung, rasa gatal dan tersumbat setelah mukosa hidung terpapar dengan allergen yang mekanisme ini diperantarai oleh IgE. Rinitis alergi terpicu dengan alergen atau zat pencetus alergi. Dalam kasus Anda, kemungkinan dingin adalah alergen yang mencetuskan rinitis tersebut.

Apabila rinitis tidak teratasi dengan baik dapat berujung atau berkomplikasi menjadi sinusitis. Sinusitis adalah radang selaput permukaan sinus paranasal, sesuai dengan rongga yang terkena sinusitis dibagi menjadi sinusitis maksila, sinusitis etmoid, sinusistis frontal dan sinusitis sphenoid. Rinitis alergi sendiri akan memperberat kondisi sinusitis yang Anda alami.

Hal yang paling mudah untuk mencegah kambuhnya rinitis yang akan memperberat sinusitis Anda adalah menghindari alergen pencetus. Akan lebih baik apabila Anda melakukan tes alergi dan mengetahui jenis alergen apa saja pencetus rinitis Anda selain udara dingin. Apabila sedang kambuh, umumnya akan diberikan antihistamin yang dapat dilengkapi dengan terapi khusus sinusitis, baik dengan antibiotik maupun dengan inhaler steroid dan antihistamin.

Kami sarankan agar Anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis THT untuk evaluasi lebih lanjut. Pengobatan kami sarankan supaya tuntas agar tidak mudah kambuh kembali. Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai Rinitis Alergi dan Sinusitis melalui artikel kami di bawah ini :

https://www.klikdokter.com/illness/detail/59

https://www.klikdokter.com/illness/detail/66

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar