Sukses

Gangguan jiwa

20 Oct 2014, 09:38 WIB
Pria, 26 tahun.
kakak saya akhir-akhir ini sering mengalami tiba-tiba marah atau tidak suka diganggu, sering mengurung diri di kamar, tidak mau makan nasi atau lauk pauk hanya mengkonsumsi buah. sehingga badanya menjadi kurus. jika diajak bicara sulit dimengerti. terkadang mengajak bercanda tapi maksudnya susah dipahami. parahnya lagi jika marah sampai mendobrak pintu dan mengancam memukul orang tuanya, bahkan sudah pernah memukul ayahnya. apakah sebenarnya yang dialami kakak saya? bagaimana cara menanganinya? apakah bisa sembuh? kira-kira pengobatan apa yang paling efektif...( laki-laki, 26 thn,170 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Meninjau dari cerita singkat Anda, kami berasumsi terdapat gangguan jiwa tahap awal pada dirinya. Tentu saja, semua masalah dan penyakit ada obatnya. Namun diperlukan kiat-kiat khusus untuk menanggulangi kendala yang ada.

Penerapan penyembuhan kesehatan jiwa diperlukan proses konsultasi tatap muka dengan pasien. Maka dari itu kami anjurkan kepada Anda untuk mengadakan konsultasi kepada dokter spesialis kesehatan jiwa mengenai kondisi saudara Anda, pun proses konsultasi pada tahap awal tidak harus dengan membawa sang pasien. Meninjau kondisi pasien yang masih menunjukkan sinyalemen penolakan sebuah ajakan orang terdekat.

Ceritakan kendala yang ada kepada dokter bersangkutan. Bantu dokter tersebut untuk mengerti situasi yang ada. Usahakan lakukan kiat ini secara tanpa sepengetahuan sang pasien.

Biasanya dokter yang bersangkutan akan memberikan resep obat penenang kemudian Anda disarankan memberikan kepada sang pasien secara tanpa sepengetahuan pula. Jika kondisi sudah agak menenang, barulah Anda adakan kunjungan kepada dokter speseialis yang bersangkutan tersebut dengan membawa sang pasien.


Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Terimakasih.

Dr. Sukardi, SpKJ(K)
Redaksi Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar