Sukses

Tekanan darah tinggi dan sakit kepala

04 Jun 2009, 14:27 WIB
Wanita, 32 tahun.
Dear dokter, ibu saya berusia 59 tahun menderita darah tinggi. Kadang sampai dengan 200/..(saya lupa). Obat yang dikonsumsi adalah captopril 25 mg. Tetapi sekarang saya sarankan meminum daun mahkota dewa. Ada gejala baru dok, jika tekanan sedang tinggi sekali kepala ibu saya rasanya sakit sekali. Saya khawatir ada apa-apa dengan kepala ibu saya. Memang ada sejarah ibu saya terjatuh di bagian kepala beberapa waktu lalu. Apa yang sebaiknya dilakukan dokter? Terimakasih sebelumnya( perempuan, 32 thn,152 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kepala pusing, nyeri kepala, dan nyeri leher memang merupakan salah satu gejala dari tekanan darah tinggi. Tidak semua orang yang memiliki tekanan darah tinggi akan mengalami gejala ini. Ibu Anda memiliki gejala ini bukanlah suatu kelainan karena ini memang merupakan gejala dari tekanan darah tinggi akibat dari spasme atau pengecilan pembuluh darah.

Yang perlu menjadi perhatian adalah apabila keluhan sakit kepala terjadi terus menerus, tidak terkontrol, atau tidak berhubungan dengan tekanan darah tinggi. Dalam kondisi ini perlu diwaspadai adanya gangguan di dalam rongga kepala dan otak (salah satu penyebabnya mungkin karena jatuh waktu itu).

Kemudian yang perlu diperhatikan lagi adalah apakah dosis obat tersebut sudah dapat mengontrol tekanan darah ibu Anda. Apabila belum maka sebaiknya ibu Anda berkonsultasi lagi ke dokter untuk mendapatkan jenis obat dan dosis yang sesuai untuk mengendalikan tekanan darahnya. Tekanan darah yang tidak terkontrol merupakan faktor risiko stroke dan penyakit jantung.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar