Sukses

Keputihan saat lelah

18 Oct 2014, 20:47 WIB
Wanita, 20 tahun.
Selamat siang dok,,,,saya punya keluhan yang aneh di seputar kelamin saya.Begini dok,selama ini saya tidak pernah mengalami keputihan.Tapi akhir? ini tiap kali saya kecapean,kluar cairan dr dalam vagina saya,warna cairan itu agak kekuning?an n agak banyak tapi tidak berbau.Hanya saya risih krn sampai membuat basah celana dalam saya dan bahkan kadang sampai tembus.Apakah itu keputihan???Lalu bagaimana cara mengatasinya sementara aktifitas saya memang menimbulkan capek.Terus kira? obartnya apa ya dok??Kalopun diobati akankah kambuh lagi???Sekian pertanyaan dr saya,dan terimakasih :)( perempuan, 20 thn,160 cm,52 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kondisi peningkatan produksi cairan vagina/serviks berlebih memang dapat dipengaruhi oleh kadar hormonal, aktivitas, serta stress. Peningkatan aktivitas yang berlebih dapat meningkatkan produksi cairan vagina. Apabila memang cairan tersebut tidak gatal, tidak panas, dan tidak berbau amis maka tidak ada masalah. Cairan tersebut masih berada di dalam batas normal dan belum terinfeksi.

Saran kami adalah Anda menggunakan pantyliner yang diganti setiap 4 jam atau setiap kali Anda BAB/BAK, seringlah berganti celana dalam, dan jangan menggunakan celana dalam ketat atau berbahan nylon, gunakanlah bahan katun atau kaos yang menyerap keringat.

Keluhan yang Anda alami tidak perlu diobati. Apabila siklus kerja Anda sudah kembali normal atau Anda sudah beradaptasi maka keluhan ini tidak akan terjadi lagi.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar