Sukses

Saya menderita penyakit jantung?

04 Jun 2009, 14:35 WIB
Pria, 33 tahun.
Dokter yang terhormat, Saya mengalami gangguan nyeri dada kiri tengah, sakitnya sampai menembus kebelakang dan menjalar ke leher dan tangan kiri (kadang keram) serta dada sering berdebar-debar. Sering kaget dan emosi kadang tidak terkontrol. Seminggu yang lalu bahkan dikantor saya tak sadarkan diri. Beberapa hari tangan dan kaki kiri saya (terutama tangan) terasa lemas dan tidak bertenaga. Tidur tidak nyaman terlentang, kebetulan dikantor saya dilantai 2, jadi kalau naik tangga terasa terengah-engah. Walaupun saya memang kadang merasa sesak napas dan sering merasa cemas. Sebetulnya teman ada yang menyarankan untuk periksa kedokter. Tapi saya koq takut ya. Memang kalau Penyakit Jantung bisa disembuhkan? Sudah setahun ini tidak berolah raga, dikarenakan retak tulang belakang dan ada syaraf yang terjepit akibat jatuh. Menurut istri saya, dokter syaraf juga mengatakan saya terkena Trouma akibat jatuh dikamar mandi. Yang mana sampai saat ini saya tidak ingat kejadian masa lalu saya. Kalau saya mencoba mengingat saya merasakan sakit dikepala, padahal sepertinya saya mengenal kajadian itu. Hampir setahun tidak merokok, tapi dulu perokok. Kakak saya meninggal beberapa tahun lalu akibat Stroke yang diakibatkan Penyakit Jantung (waktu beliau meninggal usianya sekitar 32 tahun). Terimakasih.( laki-laki, 33 thn,166 cm,70 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter.

Data yang Anda berikan sangatlah lengkap, namun mohon dikaji ulang berdasarkan data yang Anda berikan, apakah pertanyaan Anda untuk kami?

Penyakit jantung bermacam-macam jenisnya, ada yang bawaan maupun didapat. Untuk bawaan tentu saja sulit untuk disembuhkan namun tidak menutup kemungkinan bahwa operasi ataupun tindakan lainnya dapat membantu mengurangi gejala bahkan menyembuhkan.

Penyakit jantung yang didapat akan tergantung dari jenis penyakit jantung yang mana. Ada beberapa jenis yang memang dapat disembuhkan dan ada beberapa yang dapat 'dikendalikan' dengan mengontrol faktor risiko.

Permasalahan disini adalah faktor risiko Anda cukup tinggi yaitu dari riwayat genetik (kakak Anda), dan faktor risiko lain (merokok; kolesterol, DM bila ada). Kami sarankan agar Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis jantung. Gejala yang Anda alami cukup mengarah ke gangguan jantung. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Apabila diketahui sejak dini tentu penanganannya akan lebih baik.

Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai jantung dan kolesterol melalui Rubrik kami di :

http://jantung.klikdokter.com/

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar