Sukses

Imunisasi HiB dan IPD

20 Oct 2014, 08:37 WIB
Wanita, 25 tahun.
Selamat siang dok. Apa fungsinya imunisasi HIB yg sampai 3 x dok.jg mau menanyakan kmrn anak sy di anjurkan dokter nya imunisasi IPD pdhl umurnya msh 7 bln apa fungsinya imunisasi IPD dokter dan apa guna nya??????dan apakan boleh mundur pemberian imunisasi IPD misal mundur 5 hari atau 6 hari gitu dr jadwal yg di tentukan. Terima kasih atas informasinya dan bantuannya. ( perempuan, 25 thn,155 cm,43 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

HiB merupakan singkatan dari Haemopihlus Influenza Type B yaitu bakteri yang dapat menyebabkan penyakit dengan akibat yang fatal seperti meningitis bakterialis (radang selaput otak), pneumonia (radang paru-paru), dan radang epiglotis. Meningitis bakterialis dapat terjadi pada usia 2 bulan sampai 2 tahun. Jika tidak tertangani dengan baik, penyakit ini dapat menyebabkan kehilangan pendengaran, kelumpuhan, dan - pada beberapa kasus - kematian pada anak. Bayi yang mendapatkan ASI akan mendapat perlindungan terhadap HiB, namun imunisasi tetap diperlukan untuk mendapatkan perlindungan maksimal.

IPD merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri pneumokokus. Bakteri ini bersifat invasif/merusak dan dapat menyebabkan meningitis juga. Meningitis karena bakteri pneumokokus ini dapat menyebabkan kematian hanya dalam waktu 48 jam. Bila sembuh pun sering kali meninggalkan kecacatan permanen.Anak di bawah usia 2 tahun sangat berisiko terkena IPD, sedangkan yang paling rentan adalah anak di bawah usia 1 tahun. Karena itu, pemberian vaksin ini pada anak di bawah 1 tahun penting. Vaksin diberikan dalam 4 dosis, sejak anak berusia 2 bulan. Penundaan pemberian vaksinasi selama beberapa hari tidak masalah. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

 

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar