Sukses

Hubungan intim saat hamil

19 Oct 2014, 23:23 WIB
Wanita, 28 tahun.
Dok, amankah berhubungan sex saat kehamilan? saya sedang hamil pada usia kandungan 23minggu. terima kasih(perempuan, 28 thn,162 cm,60 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kehamilan merupakan suatu keadaan transisi, terjadi perubahan fisis dan emosional dari kedua belah pihak. Meski kehamilan merupakan hal yang dinanti oleh pasangan suami isteri, melakukan hubungan intim selama kehamilan adalah hal yang berbeda. Prosesnya belum tentu merupakan hal yang menyenangkan, terutama bagi ibu hamil. Namun melakukan hubungan intim saat hamil tetap diperbolehkan, selama tidak ada keluhan yang mengikuti seperti flek perdarahan, kontraksi rahim terus-menerus, ketuban pecah, dan riwayat keguguran berulang. Apabila Anda mengalami salah satu dari komplikasi tersebut, segeralah periksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda untuk tatalaksana yang optimal. Janin sebenarnya tidak akan terpengaruh karena dilindungi oleh plasenta, dan kontraksi rahim yang timbul saat orgasme tidak cukup kuat untuk mencetuskan persalinan. Namun perlu diperhatikan agar tidak melakukan hubungan intim apabila terdapat keputihan yang abnormal.

Adapun posisi terbaik yang dianjurkan untuk melakukan hubungan intim adalah posisi perempuan di atas (woman on top), terutama pada trimester ketiga kehamilan. Anda dapat menggunakan fitur Kalender Kehamilan di halaman depan situs web kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut beserta tips mengenai  kehamilan dari minggu pertama hingga minggu ke-40.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar