Sukses

Menderita jantung koroner? (2)

29 May 2009, 16:00 WIB
Pria, 33 tahun.
Saya ucapkan terima kasih atas jawaban yang telah diberikan pada pertanyaan saya kemaren. Kalau dokter bilang dalam jawaban dokter tersebut yang menyatakan "pemeriksaan EKG tidak dapat menyatakan adanya sumbatan di dalam pembuluh darah jantung. Sumbatan pada pembuluh darah jantung hanya dapat ditentukan melalui pemeriksaan kateterisasi jantung (arteriografi koroner)". Padahal pada dokter yang pertama yang memvonis saya ada penyumbatan atau PJK itu hanya melihat dari hasil rekam jantung (EKG) tanpa dilihat data-data pendukung, kalau semua dokter seperti itu saya tidak bisa membayangkan bagaimana kondisi si pasien yang diperiksa malah tambah stres ujung-ujungnya stress juga bisa menyebabkan resiko suatu penyakit itu sendiri, seyogyanya sebagai dokter jangan terlalu memberi statmen-statmen yang menambah beban si pasien, betulkan dok..??. Alhamdulliah sekarang saya sudah berhenti merokok, secara teratur olah raga setiap hari sebelum mulai aktifitas kerja saya sempatkan selama 15 menit naik turun tangga dari lantai 1 sampai lantai 5, menjaga pola makan terutama makanan berlemak meskipun sedikit atau kadang-kadang makan seperti goreng-gorengan, tidur cukup minimal 6 jam per hari, bagaimana menurut dokter dengan cara seperti itu apakah bisa mencegah atau memang kalau ada penyumbatan sedikit bisa diatasi ?, mungkin ada saran-saran dokter yang harus saya lakukan lagi selain kegiatan diatas ?. Terima kasih.( laki-laki, 33 thn,170 cm,72 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Perubahan gaya hidup yang Anda lakukan sekarang sangatlah baik untuk mencegah berbagai penyakit, bukan hanya PJK saja, di kemudian hari. Intisari dari yang Anda lakukan sudah benar, asupan nutrisi seimbang, olahraga, istirahat cukup, serta menghindari berbagai faktor risiko seperti yang telah tertera di artikel kami.

Plak atau penyumbatan adalah proses yang terjadi dalam jangka waktu tahunan dan umumnya berlangsung sejak muda, apalagi apabila kita memiliki faktor risiko. Perkembangan dari sumbatan pembuluh darah tersebut (seandainya ada) memang dapat dihentikan dengan mengontrol semua faktor risiko. Mungkin ada satu tambahan yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan, sebaiknya Anda rajin untuk medical check-up (1-2 tahun sekali) guna evaluasi kondisi kesehatan Anda.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar