Sukses

Penanganan Wasir

29 May 2009, 17:45 WIB
Wanita, 26 tahun.
Dok, saya pekerja kantoran yang duduk dari pagi hingga sore. Setengah tahun belakangan ini, saya menderita wasir. Awalnya hanya ada satu benjolan junak dan sebesar biji jagung, sekarang sudah ada dua benjolan. Saya sangat khawatir, karena tahun depan berencana memiliki anak dan menurut khabar yang saya dengar wasir dapat diperparah dengan kehamilan. Mohon informasi, saya harus konsultasi ke dokte bagian apa ? saya tinggal di daerah jakarta timur. Terima kasih( perempuan, 26 thn,155 cm,67 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter. Saya dapat memahami kekhawatiran anda.

Wasir/ambeien atau dalam bahasa medis disebut hemorrhoid merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau dubur/anus. Keadaan ini umumnya ditandai oleh adanya benjolan di dubur. Berdasarkan atas asal benjolannya, hemorrhoid dapat dibedakan menjadi hemorrhoid internal dan hemorrhoid eksternal.

Hemorrhoid eksternal dapat terlihat dari luar tanpa menggunakan alat apa-apa, umumnya akan menimbulkan keluhan nyeri, dapat terjadi pembengkakan dan iritasi. Jika terjadi iritasi, gejala yang ditimbulkan adalah berupa gatal. Hemorrhoid jenis ini rentan terhadap trombosis (penggumpalan darah). Pada keadaan ini umumnya penderita akan mengeluhkan nyeri yang lebih hebat dan dapat disertai perdarahan.

Beberapa keadaan yang dapat menyebabkan ataupun memperberat hemorrhoid antara lain terlalu banyak duduk, susah buang air besar, proses melahirkan, terlalu sering mengangkat benda berat, dsb. Kesalahan makan juga dapat menyetuskan timbulnya gejala-gejala hemorrhoid, terutama jarang mengonsumsi serat dan kurang asupan cairan.

Saat ini anda tidak mengalami keluhan sama sekali pada benjolan tersebut sehingga masih dapat diterapi secara medis dengan konsumsi makanan tinggi serat, banyak minum dan menjaga kebersihan daerah anus.

Jika wasir tidak sembuh-sembuh dengan perubahan pola hidup, maka sebaiknya silakukan tindakan operatif. Ibu dapat membaca lebih lanjut mengenai wasir dan pilihan terapi operatif yang dapat dilakukan pada halaman ini: Wasir (Hemorrhoid)Untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, Ibu dapat berkonsultasi langsung dengan dokter bedah umum atau vaskular.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

 

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar