Sukses

Haid tidak teratur

29 May 2009, 16:42 WIB
Wanita, 26 tahun.
dear Dokter, saya terakhir mengalami (maaf) Menstruasi pd awal bln lalu (Apr 09), itupun hanya sangat sedikit (tdk wajar), lalu smpai hari ini blm datang lagi. Apakah ada masalah dgn kesehatan sy Dok? Saya blm menikah, hidup normal, terkadang kurang tidur & sy kebetulan memakai pantyliner setiap hari kecuali saat tidur malam. Apa ada hubungannya Dok? Trm kasih bnyk.( perempuan, 26 thn,159 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Lama siklus haid yang normal adalah antara 21 - 35 hari. Jadi, maju atau mundur sampai 5 - 7 hari, asal masih di dalam rentang 21 - 35 hari tersebut, berarti masih normal. Siklus haid tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal. Oligomenore adalah siklus menstruasi lebih dari 35 hari. Penyebab dari oligomenore bermacam-macam, diantaranya adalah stres, PCOS (Polycystic Ovary Syndrome), penyakit kronik, tumor yang memproduksi estrogen, nutrisi kurang, gangguan pola makan (anoreksia nervosa, bulimia), dan wanita atlet yang berdiit sangat ketat dengan aktivitas fisik berlebih. Selain itu, oligomenorea dapat disebabkan karena ketidakseimbangan hormon.

Dari daftar di atas, kemungkinan yang tersering adalah stess psikologis. Apakah saat ini Ibu sedang memiliki masalah? Jika lebih dari 2 bulan tidak menstruasi sebaiknya, Ibu berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

 

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar