Sukses

Penanganan wasir

20 Oct 2014, 09:04 WIB
Wanita, 32 tahun.
Selamat sore, Salah satu anggota keluarga saya sakit Ambeien, saat ini lagi kambuh dan sudah sampai keluar darah sedikit sedikit.Pertanyaan saya apakah penyakit ini turunan (karena kebetulan orangtua kami juga sakit yang sama)?? apa penyebabnya?? Apakah ada obat tradisional (rempah rempah) yang bisa membantu mencegah atau menyembuhkan??? Apakah bisa disembuhkan total sehinggak tidak kambuh kambuh lagi?? Apakah makanan memicu kambuhnya??? Apakah ada makanan yang bisa membantu memcegah kambuhnya?? Apa solusinya jika sedang kambuh seperti saat ini?? Maaf jika pertanyaan saya banyak,tolong bantu saya informasinya. Terima kasih( perempuan, 32 thn,161 cm,70 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan yang Anda ajukan :

1. Apakah penyakit ini turunan (karena kebetulan orangtua kami juga sakit yang sama)? apa penyebabnya?

Penyebab terjadinya wasir bermacam-macam. Wasir dapat diturunkan secara genetik, atau karena memang lemahnya pembuluh darah vena di rektum (bagian terbawah usus besar) atau anus (dubur). Wasir juga dapat disebabkan karena terlalu sering dan kuat mengedan (kesulitan buang air besar atau diare). Duduk yang terlalu lama juga dapat menyebabkan terjadinya wasir. Hipertensi (darah tinggi), obesitas (kegemukan), dan gaya hidup yang malas (tidak aktif) juga merupakan salah satu pencetus terjadinya wasir.

2. Apakah ada obat tradisional (rempah rempah) yang bisa membantu mencegah atau menyembuhkan? Apakah bisa disembuhkan total sehinggak tidak kambuh kambuh lagi?

Tidak ada obat yang dapat mengobati wasir. Yang paling penting adalah untuk melakukan pencegahan  terhadap timbulnya wasir. Perubahan gaya hidup yang dimaksud disini  diantaranya adalah minum banyak air (8 gelas/hari), makan makanan yang mengandung banyak serat, olahraga, mengurangi mengedan dan jangan menunda BAB.

Wasir derajat tinggi (3 atau 4) dapat dihilangkan dengan operasi, laser, atau Rubber Band Ligation. Namun perlu diketahui apabila setelah tindakan tidak dilakukan perubahan gaya hidup, maka wasir dapat muncul kembali

3. Apakah makanan memicu kambuhnya? Apakah ada makanan yang bisa membantu memcegah kambuhnya?

Makanan yang kurang serat akan memicu BAB keras yang berujung pada mengedan. Hal inilah yang harus dihindari. Makanan yang terbaik adalah makanan yang mengandung banyak serat

4. Apa solusinya jika sedang kambuh seperti saat ini?

Apabila benjolan belum keluar atau sudah keluar namun dapat masuk dengan sendirinya, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri seperti asam mefenamat. Terdapat krim dan obat khusus wasir namun harus berdasarkan petunjuk dokter. KOnsumsilah air dan serat yang banyak. Apabila keluhan ini sangat mengganggu, kami sarankan agar Anda berkonsultasi langsung dengan dokter.

Untuk lebih jelasnya, anda dapat membaca artikel kami mengenai Wasir melalui URL link :

https://www.klikdokter.com/illness/detail/85

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar