Sukses

Kontrasepsi, perhitungan masa subur

18 Oct 2014, 13:13 WIB
Wanita, 27 tahun.
dok, 5 bulan lagi saya akan menikah. Saya dan calon suami saya memutuskan untuk menunda kehamilan sampai kurang lebih 6 bulan. Sebagai informasi siklus haid saya tiap bulannya >35 hari dan tidak teratur tiap bulannya sehingga sulit menentukan masa subur. Saya juga ada bakat anemia, jerawat dan asma. Yg ingin saya tanyakan: 1. Cara kontasepsi apa yg cocok untuk saya/calon suami saya? 2. Bagaimana cara mengetahui masa subur yg dihitung sejak hari pertama menstruasi (karena saya sulit memprediksi kapan haid selanjutnya krn siklus saya tidak teratur) Terima kasih...( perempuan, 27 thn,150 cm,48 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kontrasepsi yang cocok bagi pasangan muda adalah kontrasepsi hormonal baik suntik maupun oral (pil) serta kontrasepsi barrier (kondom, diafragma). Kontrasepsi hormonal akan memberikan perlindungan sempurna dan kegiatan seksual dapat dilakukan secara spontan tanpa takut akan terjadinya kehamilan. Sedangkan kontrasepsi barrier akan membutuhkan waktu untuk pemasangan dan apabila pemasangan tidak sempurna, maka kemungkinan terjadinya kehamilan cukup besar.

Kekurangan kontrasepsi hormonal adalah kembalinya masa subur membutuhkan waktu 3-6 bulan. Sedangkan kontrasepsi barrier tidak akan mempengaruhi kesuburan. Anda tinggal memilih kontrasepsi mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apabila siklus tidak teratur, maka tidak dapat dilakukan perhitungan melalui rumus. Yang dapat dilakukan adalah memperkirakan pertengahan siklus Anda (yang merupakan masa subur) melalui 3-6 bulan siklus terakhir. Untuk memiliki keturunan, disarankan agar Anda dan pasangan melakukan hubungan intim teratur 2-3x.minggu.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam, Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar