Sukses

Minder karena bau mulut

28 May 2009, 14:43 WIB
Wanita, 24 tahun.
pagi dok, dok saya perempuan usia 24 th saya ingin bertanya, saya punya masalah dengan bau mulut saya, setiap mau tidur and bangun tidur saya sudah selalu gosok gigi tapi bau mulut saya kok te2p gak enak ya dok kadang saya sampe minder bila harus bicara dengan orang lain. dok tolong apa yang harus say lakukan. terima kasih( perempuan, 24 thn,157 cm,43 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Sdri yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Masalah bau mulut adalah salah satu dari problem gigi dan mulut yang paling sering ditanyakan di rubrik konsultasi gigi dan mulut Klikdokter, dan juga sudah pernah dimuat di artikel tips kesehatan maupun di dalam detail penyakit. Anda dapat membaca selengkapnya dengan membuka arsip konsultasi ataupun dengan memasukkan kata kunci "bau mulut" atau "halitosis" di fitur pencarian website Klikdokter di bagian kanan atas halaman depan.

Intinya, yang perlu diperhatikan adalah kebersihan gigi dan mulut Anda karena meski sudah rajin sikat gigi namun bila caranya kurang benar maka pembersihannya tidak maksimal sehingga masih berpotensi untuk timbul bau mulut. Periksakan ke dokter gigi Anda untuk deteksi dini karies dan kalkulus (karang gigi) yang sangat besar perannya dalam menimbulkan bau mulut. Bagaimana dengan pola makan Anda?Daging-dagingan, bawang putih, dan makanan lain yang berbau tajam atau kaya akan sulfur berpotensi untuk menimbulkan bau mulut.

Bila ada gigi yang berjejal, biasanya sisa makanan yang terjebak sulit untuk dibersihkan dan bila membusuk akan menimbulkan bau mulut. Demikian juga bila ada gigi posisinya tidak normal (misalnya miring atau bergeser karena ada gigi yang hilang) maka tonjol gigi akan mendesak makanan ke sela-sela gigi lawan. Hal ini terutama sering terjadi pada gigi belakang yaitu gigi premolar (gigi geraham kecil) dan molar (geraham). Bila demikian maka sikat gigi saja tidak cukup, bulu sikat belum tentu dapat menjangkau sela gigi apalagi bila arah penyikatannya horizontal yaitu dari kanan ke kiri. Oleh karena itu sela gigi harus dibersihkan dengan dental floss atau benang gigi, biasanya tersedia di apotik.

Lidah juga tidak boleh dilupakan, karena seperti yang sudah sering saya jelaskan, permukaan lidah tidak rata dan seringkali luput dari pembersihan saat menyikat gigi akibatnya terjadi penumpukan kotoran dan sel epitel yang sudah mati dan menjadi tempat bakteri berkoloni. Hal ini juga berdampak pada bau mulut yang tak sedap, oleh karena itu lidah juga harus disikat, dapat menggunakan sikat gigi biasa namun jangan ditekan berlebihan karena dapat melukai lidah.

Demikian yang dapat Saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi Klikdokter.

Drg. Martha Mozartha

    0 Komentar

    Belum ada komentar