Sukses

Cacar air dalam kehamilan
19 Oct 2014, 12:32 WIB
Wanita, 35 tahun.
saya sedang hamil 20minggu, terkena cacar air.. bahayakah untuk kesehatan/otak/perkembangan janin saya? apakah resikonya? terus terang saya sangat kuatir.. terima kasih atensinya.. wassalam( perempuan, 35 thn,153 cm,46 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Cacar air atau varisela pada trimester pertama (1-13 minggu) dapat menyebabkan abortus spontan atau keguguran. Namun angka ini tidak terlalu signifikan. Varisela sendiri dapat menyebabkan gangguan pada ibu hamil, 10-20% wanita hamil yang terinfeksi mengalami komplikasi pneumonia varisela (radang paru-paru), dengan angka kematian sampai 40%.

Bayi baru lahir dari ibu yang mengalami varisela rash (bintik-bintik berisi cairan) 5 hari sebelum sampai 2 hari sesudah melahirkan akan memiliki risiko neonatal varisela yang berkaitan dengan angka kematian sekitar 30%.

Infeksi varisela pada separuh kehamilan pertama (1-20 minggu) memiliki risiko sindroma kongenital varisela pada bayi ketika dilahirkan nanti. Sindroma ini dapat bermanifestasi sebagai bayi berat lahir rendah, parut pada kulit, tungkai tidak tumbuh sempurma, mikrosefali (tengkorak kecil), katarak kongenital, dan berbagai kelainan lain yang dapat diderita.

Dalam penelitian yang dilakukan di Eropa sejak tahun 1980 sampai 1993 dan melibatkan 1400 ibu yang mengalami infeksi varisela selama masa kehamilan, risiko tertinggi (2%) untuk sindroma varisela kongenital dialami apabila infeksi terjadi selama minggu 13-20 kehamilan.

Namun yang perlu Anda ketahui seperti yang kami sebutkan di atas, angka terjadinya sindroma tersebut hanyalah 2%. Konsultasikanlah hal ini kepada dokter kebidanan Anda.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar