Sukses

TPHA/VDRL positif

19 Oct 2014, 11:15 WIB
Wanita, 41 tahun.
Setelah dokter kandungan saya menganjurkan saya test darah VDRL & TPHA, hasilnya saya positif kena penyakit kelamin syphilis, sedangkan suami saya hasil test darahnya non-reactive, saya berhubungan hanya dengan suami saya saja, kenapa bisa terjadi hal tsb ? padahal saya mendapat penyakit tersebut tidak di sertai tanda2, memang sudah lama saya ada dapat keputihan, boleh tahu alamat & dokter kelamin di daerah jakarta barat? apakah penyakit syphilis bisa di sembuhkan seperti kasus saya ini, terima kasih( perempuan, 41 thn,158 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Apa kabar  Ibu ,

Terima kasih atas pertanyaan yang telah Anda ajukan , Kami akan berusaha untuk menjawab pertanyaan Ibu .

VDRL dan TPHA adalah suatu pemeriksaan untuk mengetahui infeksi Trepnema pallidum , memang Treponema Pallidum adalah penyebab dari penyakit Sifilis , tapi berdasarkan penelitian VDRL positif , dapat disertai dengan biologi false positif atau benar-benar positif dengan titer rendah . biologi false positif dapat dibagi menjadi 2 yatu :

a. Akut : dapat disebabkan infeksi virus , bakteri , imunisasi , parasit malaria

b. Kronik : dapat disebabkan oleh SLE , penyakit kardiovaskular , gangguan autoimun dan paling sering (70%) ditemukan pada wanita .

Untuk itu memang perlunya konfirmasi dengan TPHA . VDRL dengan titer yang rendah biasanya dianggap negatif . Saran Kami , coba ulangi kembali pemeriksaan VDRL dan TPHA di tempat lain kira-kira 6 kemudian . Bila hasilnya tetap positif (kuat) , maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin untuk dapat dievaluasi .

Demikian Kami sampaikan, semoga jawaban ini dapat menjawab pertanyaan Ibu . (ind)

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar