Sukses

Post-sterilisasi dapat hamil lagi?

23 May 2009, 08:01 WIB
Wanita, 41 tahun.
saya sudah punya anak, pada usia 34 saya kb steril entak diikat atau tidak saya belum tanya ke dokter saya, krn cerai yg saya tanyaka dapatkah saya hamil lagi dan dengan cara apakah insem, atau bt ,saya ingin punya anak lagi jika adajodoh( perempuan, 41 thn,163 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Sebelum melakukan prosedur KB steril tentunya Anda sudah melakukan informed consent atau diberikan informasi oleh dokter mengenai prosedur yang akan dilakukan dan efeknya di kemudian hari. Hal ini tentunya dilakukan untuk mencegah kemungkinan penyesalan di masa depan.

Metode sterilisasi dengan ligasi tuba adalah prosedur yang dilakukan dengan pemotongan dan pengikatan atau penyumbatan tuba falopii (saluran telur dari ovarium ke rahim). Selain pemotongan dan pengikatan, ligasi tuba dapat dilakukan dengan cara kauterisasi (pemakaian arus listrik) untuk menutup saluran tuba.

Untuk menyumbat tuba sendiri, selain dipotong dan diikat, dapat digunakan pita plastik dan klip berpegas.  Pada penyumbatan tuba, kesuburan akan lebih mudah kembali karena lebih sedikit terjadi kerusakan jaringan.

Tentunya sterilisasi dengan ligasi tuba tidak akan mengganggu ovarium atau indung telur. Indung telur Anda akan tetap menghasilkan sel telur. Bila ditanyakan adakah kemungkinan untuk memiliki anak lagi, sebelumnya hatus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu secara lengkap mengenai kondisi Anda, baik dari hormonal, kondisi alat reproduksi, dan patut mempertimbangkan usia karena kehamilan di atas usia 35 tahun merupakan kehamilan yang berisiko. Anda sebaiknya berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis kebidanan subspesialisasi infertilitas (gangguan kesuburan).

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar