Sukses

Kemaluan gatal dan keluar cairan

20 May 2009, 10:22 WIB
Wanita, 13 tahun.
Anak perempuan saya 13 tahun, 2 bulan terakhir ini mengeluh gatal di sekitar vagina serta mengeluarkan cairan. Sudah periksa ke bidan dan diberi beberapa pil untuk di minum serta cairan lactasid untuk membasuh vaginanya. Namun sampai sekarang belum juga sembuh masih terasa gatal sedikit. Mohon penjelasan tim dokter apa yang harus saya lakukan, apakah dibawa ke dokter kandungan atau dokter penyakit kulit & kelamin. Terimakasih( perempuan, 13 thn,156 cm,42 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Gatal dan keluarnya cairan dari vagina dapat memiliki beberapa penyebab, diantaranya adalah kondisi yang lembab dan infeksi baik dari bakteri, jamur, maupun parasit. Pada anak usia 13 tahun, hormonal di dalam tubuhnya sedang menyesuaikan diri menyongsong masa pubertas. Menarche atau menstruasi untuk pertama kali umumnya terjadi pada usia 9-15 tahun.

Pada saat perubahan kadar hormonal dan ditunjang dengan aktivitas yang banyak, kelembaban dapat terjadi pada daerah kemaluan. Kelembaban ini dapat menjadi cikal bakal terjadinya infeksi yang berujung pada keluhan keputihan dan gatal.

Kami sarankan agar anak Anda menjaga kebersihan kemaluannya dengan sering berganti celana dalam (3-4x/hari) atau saat lembab ketika berkeringat, mengeringkan daerah sekitar kemaluan setelah BAB atau BAK dengan handuk, jangan memakai CD berbahan nylon atau yang ketat, pakailah bahan katun, dan selalu menjaga kebersihan dan kelembaban daerah vagina dan sekitarnya. Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai keputihan (dengan gatal sebagai salah satu gejala) melalui artikel kami di bawah ini :

http://seks.klikdokter.com/subpage.php?id=2&sub=29

Apabila keluhan berlanjut, Anda dapat berkonsultasi langsung kepada dokter spesialis kulit dan kelamin. Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar