Sukses

Keluar cairan dari vagina

20 Oct 2014, 03:25 WIB
Wanita, 22 tahun.
dok, saya gadis berusia 22 tahun,dan belum menikah.saya memiliki keluhan mengenai keputihan. keputihan yang saya alami sangat berlebihan dok,,kadang bisa sampai setiap hari terus menerus.apalgi jika mau mens atau sesudah mens.sangat berlebihan sekali.saya merasa sangat tidak nyaman da tidak percaya diri sekali.padahal saya selalu mengikuti kata orangtua untuk selalu memakai rebusan daun sirih untuk (mohon maaf) "cebok".dan kadang keputihan itu lama kelamaan menjadi mengental seperti ingus gitu.namun memang tidak menyebabkan gatal atau apa.apakah itu merupakan suatu penyakit dok?apa yang mesti saya lakukan?terimakasih,mohon solusinya..( perempuan, 22 thn,153 cm,42 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat.

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keputihan memang normal dialami dalam siklus menstruasi. Kelenjar-kelenjar pada vagina dan mulut rahim (serviks) memproduksi cairan dalam jumlah sedikit. Cairan ini mengalir keluar dari vagina setiap hari, membawa sel-sel tua dinding vagina. Dengan proses ini, vagina dijaga agar tetap sehat dan bersih. Cairan ini biasanya bening atau sedikit seperti susu dan tidak berbau.

Warna dan kekentalan cairan berganti-ganti selama siklus menstruasi. Cairan akan lebih kental ketika terjadi ovulasi (dikeluarkannya sel telur dari ndung telur), ketika menyusui, atau ketika terangsang secara seksual. Keputihan yang tidak normal ditandai perubahan karakteristik cairan keputihan yang keluar, baik dari segi jumlah, warna (kuning kehijauan, putih bergumpal-gumpal), bau (busuk, amis), maupun terdapat tanda-tanda lain yang menyertai (gatal, panas).

Karena Ibu merasa jumlah keputihan yang keluar sangat banyak, mungkin ada infeksi bakteri. Untuk memastikannya, sebaiknya Ibu berkonsultasi dengan dokter untuk dilihat dan diperiksa secara langsung. Jika memang terdapat infeksi bakteri, dapat diberikan pengobatan yang sesuai.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

 

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar