Sukses

Hubungan haid & berat badan

20 Oct 2014, 09:45 WIB
Wanita, 24 tahun.
faktor2 apa sajakah yg mempengaruhi tingkat kesuburan seorang wanita untuk mendapatkan keturunan (anak)? apakah ada kaitannya dengan terlambatnya haid pertama (usia 17 tahun) dan atau siklus haid yang tidak teratur??? serta, apakah faktor keturunan yang lama dalam mendapatkan keturunan mempengaruhi hal ini??? terima kasih atas jawabannya.( perempuan, 24 thn,155 cm,47 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Beberapa hal yang mempengaruhi kesuburan seorang perempuan adalah anatomi sistem reproduksi serta keseimbangan hormon. Haid pertama umumnya dimulai pada usia 9 - 16 tahun, namun pada beberapa orang, haid baru muncul pada usia 17 tahun.

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi usia pertama kali haid, seperti genetik (keturunan), gizi, serta aktivitas fisik. Aktivitas fisik yang berlebihan saat remaja, seperti pada atlet, akan memperlambat usia mulai haid. Para ahli percaya bahwa kaitan antara aktivitas fisik dan amenore tersebut berhubungan dengan jaringan lemak tubuh, karena lemak mempengaruhi estrogen. Remaja perempuan yang terlalu kurus karena malnutrisi juga bisa mengalami keterlambatan mulai haid sampai terdapat peningkatan berat badan.

Dilihat dari tinggi dan berat badan Ibu, Ibu termasuk ke dalam kategori berat badan kurang (underweight). Hal ini dapat mempengaruhi ketidakteraturan menstruasi sehingga berujung pada kesulitan mendapatkan keturunan. Bagaimana siklus menstruasi Ibu? Coba lakukan perhitungan siklus menstruasi selama 3 bulan terakhir. Lama siklus menstruasi dihitung dari hari pertama menstruasi sampai satu hari sebelum menstruasi berikutnya. Normalnya adalah antara 21 - 35 hari.

Saran kami pertama-tama adalah mencoba menaikkan berat badan Ibu. Caranya:

  1. Makanlah secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal
  2. Makanlah lebih banyak makanan sumber energi dan protein dari biasanya seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu
  3. Tetap berolahraga secara teratur. Hal ini disebabkan karena beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Di lain sisi, olahraga perlu untuk menjaga tubuh tetap terlihat kencang, mengantisipasi berat badan yang naik beberapa kilogram. Tidak perlu yang terlalu berat, cukup jalan kaki selama 30 menit secara teratur dapat menjaga keseimbangan tubuh
  4. Yang terakhir adalah cukup istirahat agar energi tidak banyak terbuang percuma

Perlu diingat bahwa dalam memperoleh keturunan juga ada faktor suami. Karena itu, jika memang ada infertilitas primer (jika setelah 1 tahun berhubungan seksual teratur (2 - 3x/minggu) selama 1 tahun tanpa menggunakan kontrasepsi, kehamilan belum juga terjadi), perlu juga dilakukan pemeriksaan pada pihak suami yaitu dengan melakukan analisis sperma.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

 

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar