Sukses

Efek samping Meloksikam

19 Oct 2014, 12:27 WIB
Wanita, 29 tahun.
Apa ada efek samping obat meloksikam dg dosis 3 kali sehari? Kalau ada apa saja yg bs tjd? Dan kapan gejalanya akan muncul?(perempuan, 29 thn,160 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Meloksikam merupakan obat golongan antiradang bukan steroid yang diidikasikan untuk meredakan nyeri dan/atau peradangan. Sebagaimana jenis obat lain, meloksikam juga tidak lepas dari efek samping yang dapat ditimbulkan, antara lain adalah:

  1. gangguan pencernaan, seperti nyeri lambung, mual, muntah hitam diare, perdarahan lambung atau usus, BAB berwarna hitam
  2. gangguan hati: mata dan kulit berwarna kuning, urin berwarna gelap, kelelahan
  3. alergi: kemerahan kulit, gatal, bengkak
  4. mudah lebam atu terjadi perdarahan, pingsan, berdebar-debar, sakit kepala, gangguan mood, telinga berdenging, penambahan berat badan, pembengkakan tangan atau kaki, perubahan daya penglihatan, kejang, infeksi, dsb

Sebaiknya meloksikam mulai dikonsumsi dari dosis 7,5 mg dan tidak melebihi 15 mg satu harinya. Konsumsi meloksikam 3 kali sehari sebenarnya telah melebihi batas dosis yang diperbolehkan. Apakah dan kapankah seseorang akan mengalami efek samping obat sebenarnya sangat bervariasi setiap individunya. Namun semakin besar dosis yang dikonsumsi maka risiko terjadinya efek samping juga akan semakin besar. Konsumsi melebihi 15 mg sehari dapat meningkatkan risiko timbulnya efek samping gangguan pencernaan. Pada kondisi ini Anda sangat dianjurkan untuk menghentikan konsumsi obat secepatnya, dan segera memeriksakan diri ke dokter umum setempat untuk tatalaksana yang lebih optimal.

 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga dapat membantu. (SO)

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar