Sukses

Masturbasi berakibat buruk?

19 Oct 2014, 18:08 WIB
Wanita, 22 tahun.
Sore Dok, Sewaktu kecil saya pernah diperkosa. Dan sejak kecil pula saya mudah sekali terangsang oleh hal-hal seperti film atau komik. akibatnya, sejak mengenal masturbasi, saya sering sekali melakukannya. bisa dibilang saya aktif melakukannya, kira2 sampai awal kuliah. belakangan saya berusaha mengurangi aktifitas tsb. pertanyaan saya, apa kejadian pemerkosaan itu yang mempengaruhi hormon saya, hingga mudah sekali terangsang,bahkan sebelum saya mens? kemudian, apa masturbasi yang saya lakukan sedari kecil berdampak buruk pada vagina saya? sebab belakangan ini saya merasakan nyeri pada vagina ketika merasa terangsang. Terima kasih Dok. ( perempuan, 22 thn,149 cm,42 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Dalam kasus Anda, trauma perlakuan diperkosa adalah satu hal, sementara masturbasi merupakan satu hal lain lagi. Faktor tingginya libido Anda sedikit banyak dipengaruhi oleh unsur perkembangan dan pertumbuhan hormon-hormon dalam usia tubuh Anda .

Secara keseluruhan, aktivitas masturbasi lebih banyak membawa keburukan daripada manfaatnya bagi kesehatan tubuh maupun jiwa manusia. Bagi kesehatan tubuh, aktivitas masturbasi hanya memperbesar kemungkinan risiko terkena infeksi paparan penyakit alat genital. Dan masih banyak lagi akibat lanjutannya. Sementara dari aspek kesehatan jiwa, seseorang yang terlampau menikmati proses masturbasi ditakutkan akan lebih sulit untuk mendapatkan kenikmatan dari proses hubungan intim.

Libido lebih banyak ditentukan diotak. Proses sex itu sendiri sebenarnya dimulai di otak. Kurang lebih kesemua proses dimulai dan diproses diotak. Jika kondisi otak telah dipenuhi dengan berbagai macam anggapan yang berdasarkan pengalaman hidup seseorang, maka kalau sex itu dianggap mengerikan atau menakutkan maka itulah yang nantinya akan menjadi penghalang untuk suatu tujuan menikmati sex secara benar.

Ada baiknya Anda menyegerakan menikah, saranakan libido Anda menjadi sesuatu yang berenergi positif. Jangan jadikan cerita masa lalu sebagai hambatan Anda, yang lalu biarkanlah berlalu. Bangun energi positif pada diri Anda. Adakan pendekatan religi, berikan suplemen kesehatan kepada tubuh dan pikiran. Setiap masalah selalu ada jalan keluar jika kita mau dan pasrah kepada kehendak Yang Maha Kuasa.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Terimakasih.

Dr. Sukardi, SpKJ(K)
(Redaksi Pengasuh Rubrik Seks & Andrologi Klikdokter.com)

    0 Komentar

    Belum ada komentar