Sukses

Sakit jantung atau liver?

19 May 2009, 15:18 WIB
Pria, 23 tahun.
Dok saya mau tanya. Dada saya terasa kayak kesentak keras setelah itu jantung berdebar cepat. Kadang dada jg agak tertekan. Kadang jg sering kaget. Itu gejala sakit apa dok. Ini saya rasakan sudah lama. Itu tanda sakit apa dok? Kadang jg perut terasa seperti keras sehingga napas terganggu. Seblumnya saya cek di dokter saya kena sakit jantung tp waktu saya cek di dokter yg lain saya kena sakit liver dan bronkhitis.Mohon penjelasan dan solusinya. Terima kasih (laki-laki, 23 thn,168 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terimakasih atas kepercayaannya. Berbagai keluhan yang Anda rasakan merupakan keluhan yang umum ditemukan pada seseorang yang memiliki penyakit jantung. Tetapi tidak boleh dilupakan bahwa di dalam rongga dada kita juga memiliki organ pernapasan, yaitu paru. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya.

  1. Sejak kapan Anda mengalami keluhan tersebut?
  2. Adakah saat tertentu keluhan tersebut muncul? Misalnya setelah melakukan aktivitas, saat berbaring terlentang, dsb
  3. Adakah keluhan lain yang menyertai seperti rasa terbakar atau nyeri pada ulu hati, nyeri dada kiri, cepat lelah, mata dan kulit terlihat berwarna kuning, mual, muntah, BAK berwarna gelap seperti teh, dsb?
  4. Apakah Anda memiliki riwayat maag?
  5. Apakah Anda pernah mengalami sesak napas disertai kebiruan saat Anda lahir?
  6. Apakah Anda sering mengalami penyakit infeksi?
  7. Pemeriksaan apa sajakah yang dikerjakan oleh dokter Anda sebelum memutuskan diagnosis? 
  8. Pengobatan apa yang diberikan oleh dokter tersebut terkait diagnosis Anda?
  9. Sudahkah Anda berkunjung kembali ke dokter Anda untuk kontrol? dsb

Masih terdapat beberapa keadaan yang dapat menyebabkan berbagai keluhan yang Anda rasakan. Sayang informasi yang Anda berikan masih sangat terbatas. Dan masih harus dilengkapi dengan data hasil pemeriksaan fisis dan beberapa pemeriksaan penunjang untuk memastikan penyebabnya. Misalnya saja, keluhan sesak napas yang Anda rasakan. Baik jantung, paru, penyakit maag, hingga stres psikis dapat menyebabkan keluhan yang serupa. Namun penyakit liver umumnya disertai dengan peningkatan kadar bilirubin darah yang tampak sebagai pewarnaan kuning pada mata dan kulit.

Kami sarankan sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam untuk second opinion. Semakin dini diagnosis ditegakkan, terapi optimal dapat segera diberikan sehingga angka kesembuhan akan semakin besar.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga dapat membantu. (SO)

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar