Sukses

Hamil sebelum usia 20 th?

18 May 2009, 14:17 WIB
Wanita, 18 tahun.
Dear redaksi klik dokter, Dok saya akan mau menikah Umur calon istri saya 19 thn. Apakah boleh jika saya merencanakan kehamilan pada istri saya? Info yang saya denger katanya kurang baik buat kehamilan jika usia dibawah 20 thn. Apakah yang harus saya lakukan buat kebaikan semuanya? terimakasih dan mohon informasinya Rgrds, ivan (malang) (perempuan, 18 thn,140 cm,42 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terimakasih atas kepercayaannya.

Usia ibu yang paling baik untuk hamil adalah berkisar antara 20-35 tahun. Kehamilan yang terjadi sebelum usia ibu mencapai 20 tahun atau setelah usia ibu melebihi 35 tahun dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan pada kehamilan dan kesehatan bayi.

Bagi ibu yang hamil di usia muda (kurang dari 20 tahun), sebenarnya usia bukanlah merupakan faktor risiko langsung terjadinya gangguan kehamilan, akan tetapi lebih terkait kepada masalah sosioekonomik yang berujung pada tingkat pendidikan dan kesehatan keluarga tersebut. Faktor psikologis menjadi ibu di usia yang relatif muda juga patut menjadi pertimbangan akan kesejahteraan keluarga tersebut kelak. Membangun sebuah keluarga bukanlah sesuatu yang mudah. Banyak yang harus dipersiapkan oleh suami ataupun istri secara lahir maupun batin. Termasuk di dalamnya adalah faktor ekonomi, sosial, penyesuaian dua kebudayaan, hingga faktor psikologis satu sama lain. Oleh sebab itu keputusan mengenai boleh/tidaknya Anda dan istri Anda kelak merencanakan kehamilan secepatnya kami kembalikan kepada bapak/ibu dan keluarga untuk didikusikan. Apabila Anda, calon istri Anda, dan kedua keluarga telah setuju, kami kira tidak ada salahnya untuk memulai program tersebut segera setelah Anda menikah. Anda dan calon istri tentunya juga telah menjalani beberapa pemeriksaan kesehatan untuk mempersiapkan pernikahan bukan? Cobalah untuk mendiskusikan hal ini dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan calon istri Anda. Dan penting untuk diingat agar kelak kehamilan istri Anda harus berada dalam pengawasan dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga dapat membantu. (SO)

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar