Sukses

Operasi gigi geraham gagal

18 Oct 2014, 09:30 WIB
Pria, 32 tahun.
Sakit pada gigi operasi gigi geraham bawah kanan sulit Hari senin 11-05-2009 yang lalu saya telah operasi gigi bungsu atau gigi geraham bawah kanan paling ujung, setelah lihat Rontgen kata dokter di RSU Negri dekat rumah saya posisi gigi sulit (posisi tidur dan akar gigi panjang masuk kedalam), saat proses operasi mencabut gigi ternyata gigi yang mestinya dicabut habis bagian atas gigi di karenakan ujung gigi atas berlubang dan keropos, pada saat di tarik dengan alat patah atau pecah, proses memakan waktu lama sampai bius lokal sudah tidak berfungsi lagi sehingga merasakan sakit, karena kondisi tersebut dokter gigi meghentikan proses operasi dan ditunda dan rencana akan dilanjutkan besok rabu tgl 20-05-2009. dokter memberikan obat dan memeberikan beberapa saran. dengan kondisi seperti ini apa yang seharusnya saya lakukan ? saya kawatir dengan sisa gigi bagian bawah/akarnya yang masih tertinggal salam hormat saya Riyan( laki-laki, 32 thn,171 cm,85 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bpk/Sdr yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi Klikdokter.

Mengenai kasus yang sedang Anda alami, dari keterangan Anda, gigi tersebut adalah gigi paling ujung dan saya asumsikan bahwa gigi tersebut adalah gigi molar (geraham) ketiga yang impaksi (tidak dapat tumbuh keluar gusi dengan normal karena terhalang atau tidak kebagian tempat oleh gigi-gigi lain). Oleh karena itu posisi gigi tersebut miring.

Tingkat kesulitan proses pengambilan molar impaksi (operasi tsb disebut odontektomi) bevariasi bergantung pada masing-masing kasus, karena posisi gigi molar tiga yang impaksi itu bervariasi. Singkatnya, mahkota gigi tersebut seluruhnya dapat keluar menembus gusi tapi posisinya miring ke kanan, ke kiri atau keluar lengkung rahang, atau hanya sepertiga atau separuh mahkota yang berhasil menembus tulang dan gusi, atau gigi seluruhnya terbenam di dalam tulang.

(Selengkapnya dapat Anda lihat dengan mengakses https://www.klikdokter.com/illness/detail/19)

Untuk pengambilan gigi, umumnya gusi dan tulang harus dibebaskan dalam artian gusi dan tulang harus diambil untuk membebaskan gigi sehingga gigi yang posisinya miring tersebut dapat lebih mudah diambil/diangkat/diungkit. Pada kasus yang sulit, ada kemungkinan gigi tersebut harus dibelah agar memudahkan pengungkitan gigi. Untuk melakukan operasi odontektomi diperlukan keahlian dan keterampilan operator (dokter gigi), termasuk dalam menentukan bagaimana metode yang harus dilakukan agar gigi dapat dikeluarkan dengan utuh tanpa patah. Pada kasus Anda, banyak faktor yang dapat mempersulit keluarnya gigi tersebut, di antaranya keterampilan operator dan anatomi gigi yang menyulitkan. Sebetulnya agak disayangkan bahwa operasi tersebut tidak dapat dituntaskan dalam satu kali kunjungan, sebab dalam jangka waktu seminggu sudah terbentuk jaringan granulasi yang merupakan proses penyembuhan luka. Dengan demikian pada saat Anda kembali lagi esok, terpaksa terjadi luka baru. Namun sisa akar tersebut memang harus diusahakan sebisa mungkin untuk dikeluarkan karena suatu saat dapat kembali menjadi sumber infeksi. Dan kemungkinan keberhasilan pengambilan sisa akar cukup tinggi, jadi sebaiknya Anda datang mengikuti jadwal kunjungan berikutnya.

Apakah yang menangani Anda adalah dokter gigi umum, atau dokter gigi spesialis bedah mulut? Bila yang mengoperasi Anda adalah dokter gigi umum, menurut Saya ada baiknya Anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter gigi spesialis bedah mulut untuk second opinion, atau bila memungkinkan dokter gigi Sp.BM yang melanjutkan operasi gigi Anda.

Demikian yang dapat saya sampaikan, Semoga dapat membantu Anda.

Drg. Martha Mozartha

    1 Komentar

    • Yus******ad

      Saya jga seperti itu tapi saya gagal oparasi karna saya muntah2 sehingga gagal operasi padahal prosesnya sbntar lagi dan sampai sekrang gigi saya merasa ngilu dan sakit bahkan sampai sakit kepala apa itu bahaya ? Karna blm tercabut semua .