Sukses

Benjolan karena imunisasi?

16 Oct 2014, 23:31 WIB
Wanita, 26 tahun.
Dokter yang baik, Pada usia 1 bulan anak saya di imunisasi hepatitis pada paha kiri, sekarang anak saya berusia 5 bulan dan timbul benjolan pada paha kanan. Apakah mungkin benjolan tersebut akibat imunisasi? Bagaimana cara penanganannya sekarang?(perempuan, 26 thn,160 cm,68 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter. Kami dapat memahami kekhawatiran Anda terhadap kondisi anak Anda saat ini.

Imunisasi hepatitis B umumnya aman dilakukan, baik pada anak, maupun dewasa. Jarang sekali ditemukan adanya efek samping setelah imunisasi hepatitis B. Kalaupun ada umumnya hanya terbatas pada gejala ringan seperti iritasi pada tempat injeksi (hanya ditemukan pada 1 dari 4 pasien), dan keluhan demam (hanya ditemukan pada 1 dari 15 pasien).

Sangat kecil kemungkinan timbulnya benjolan pada paha kanan anak Anda terkait dengan imunisasi hepatitis B yang anak Anda jalani. Selain karena lokasi benjolannya berbeda dengan lokasi injeksi vaksinnya, empat bulan telah berlalu sejak anak Anda mendapatkan vaksinnya.

Sayang informasi yang Anda berikan mengenai benjolan tersebut sangat terbatas. Penanganan yang optimal sangat bergantung pada penyebabnya. Dan diperlukan evaluasi lebih lanjut untuk mempertimbangkan berbagai kemungkinannya. Oleh sebab itu kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan anak Anda ke dokter umum atau dokter spesialis anak untuk tatalaksana yang lebih optimal.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga dapat membantu. (SO)

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)     

    0 Komentar

    Belum ada komentar