Sukses

Haid tidak pernah teratur

15 May 2009, 12:32 WIB
Wanita, 28 tahun.
Pertama x saya haid usia 11thn, dr pertma x haid trus jedah sekitar 3bulanan. setelah itu dapat lagi. dan dari pertama x saya dapat sampai sekarang keluarnya ga perna nentu tglnya. kebetulan saya sering mencatat dan kalo saya hitung jaraknya saya dapat lagi bisa 30hr, 45hr 60hr selalu seperti itu sampai sekarang. bulan maret tgl 09, apritgl l06 dan skrg saya blm dapat lagi. saya pernah konsul dgn dokter kandung dan jawabnya ga ada yg aneh mmg sprt itu ga harus 3hr jedahnya. Pertanyaan saya apa benar itu normal? dan apakah saya tetap bisa punya keturunan dengan kondisi sprt ini? Trima kasih (perempuan, 28 thn,157 cm,56 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas kepercayaannya. Kami dapat memahami perasaan Anda saat ini. Tentunya Anda khawatir keluhan haid Anda ini dapat mempengaruhi kondisi kesuburan Anda.

Siklus menstruasi normal berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari.  Siklus haid tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

  • pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama


  • pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)


  • pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30


  • stress psikologis


  • atlet


  • kekurangan vitamin K


  • penggunaan obat-obatan tertentu


  • kelainan pembekuan darah


  • gangguan hormon tiroid, dsb

Siklus haid melebihi 35 hari disebut oligomenore. Keadaan oligomenore ini memang dapat mempengaruhi tingkat kesuburan seorang perempuan. Selain karena sulitnya menentukan masa subur, ketidakseimbangan hormonal pada akhirnya juga dapat menyebabkan ketidaksuburan (infertilitas) akibat kegagalan pematangan sel telur ataupun pelepasannya dari kandung telur ke saluran telur untuk bertemu sperma. Bahkan apabila tidak ditangani secara optimal, oligomenore juga dapat diikuti peningkatan risiko terjadinya penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit lain pada tingkat lanjut.

Terapi terbaik untuk gangguan siklus haid adalah disesuaikan dengan penyebab. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya. Kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk tatalaksana yang lebih optimal. Dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk menjalani beberapa pemeriksaan sebelum memutuskan tindakan selanjutnya. Utarakanlah setiap keluhan dan perasaan Anda kepada dokter untuk didiskusikan sehingga diharapkan dapat tercapai solusi yang terbaik untuk Anda.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (SO)

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar