Sukses

Infeksi GO pada wanita hamil

15 May 2009, 14:18 WIB
Pria, 38 tahun.
Assalamualaikum WR WB Dok gimana kalau penyakit kelamin menular gonore (GO) bisa mengakibatkan cacat ga ke janin, maksud saya cacat pada janin/bayi bisa diakibatkan oleh virus Gonore (GO) trus kalo yang hamil boleh ga minum obat antibiotik untuk mengobati gonore istri saya sudah hamil umur kandungan dah 5 bulan saya curiga istri saya kena penyakit gonore soalnya saya sudah dua kali kena setelah berhubungan dengan istri saya, cuma saya ga bilang takut menginggung perasaan istriku, tapi saya ingin istriku sembuh juga, dan yang saya ingin anak saya lahir sehat dan tidak cacat amiiiiin. terimakasih........ ( laki-laki, 38 thn,180 cm,76 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / saudara yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Kami kurang jelas mengenai pernyataan Bapak : "soalnya saya sudah dua kali kena setelah berhubungan dengan istri saya'',.

Aakah yang Anda maksudkan adalah Anda mendapatkan infeksi gonorea (GO) dari istri Anda dan istri Anda sendiri belum mengetahui bahwa dirinya terkena GO? ataukah Anda mendapatkan GO dari orang lain dan khawatir bahwa GO tersebut menular ke istri Anda melalui hubungan seksual? apakah Anda sudah melakukan pengobatan GO tuntas?

Seorang wanita dicurigai terkena GO apabila terpapar pada pajanan GO melalui hubungan seksual (memiliki risiko) atau berganti-ganti pasangan. Infeksi GO jarang bermanifestasi atau menimbulkan gejala pada seorang wanita. Seandainya terdapat gejala, keluhan yang paling sering adalah nyeri berkemih, keputihan yang sangat berlebihan, nyeri saat berhubungan intim, dan gatal pada vagina. Infeksi baru akan terjadi atau bermanifestasi dalam jangka waktu 10 hari setelah berhubungan intim dengan seseorang yang menderita GO.

Apabila memang istri Anda memiliki paparan GO, maka periksakanlah ke dokter kebidanannya. Dokter tersebut akan mengambil usapan lendir serviks (leher rahim) untuk diperiksakan ke laboratorium guna memastikan terdapatnya bakteri N.gonorrheae pada istri Anda. Apabila memang terbukti terdapat bakteri GO, maka istri Anda harus menjalani pengobatan antibiotik yang aman digunakan pada wanita hamil.

Segeralah berkonsultasi ke dokter apabila memang terdapat kecurigaan GO terhadap istri Anda. GO sendiri di dalam kehamilan dapat menyebabkan keguguran dan kelahiran prematur. Bayi yang lahir normal dari ibu yang menderita GO dapat mengalami infeksi pada mata (konjungtivitis) akibat dari paparan lendir serviks ketika dilahirkan. Infeksi pada mata ini dapat berujung kepada kebutaan.

Berkomunikasilah kepada istri Anda mengenai hal ini agar dapat segera dibawa untuk berkonsultasi ke dokter. Untuk pencegahan infeksi GO berikutnya, hindarilah berhubungan intim dengan pasangan yang menderita GO serta gunakan kondom untuk mencegah penularan Penyakit Menular Seksual (PMS). Bukan hanya istri Anda, Anda sendiri pun harus menjalani pengobatan agat tidak terjadi infeksi 'ping-pong' antara Anda dan istri. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar