Sukses

Biang keringat pada bayi

15 May 2009, 14:55 WIB
Pria, 1 tahun.
assalamu'alaikum, dokter yth, saya ibu dr anak yg didiagnosa terkena urticaria pigmentosa, alhamdulillah stlh beberp kali ke dokter akhirnya perlahan sdh mulai agak pudar, saat ini anak sy berusia 10 bln,diberikan resep syrup bestalyn dan racikan salep dg kandungan decubal & mofacort. tapi kali ini anak sy terkena spt biang keringat, teksturnya agak tebal dan merembet, di daerah kaki dan badan (bawah leher) srta tangan, sy sdh memberikan caladine cair, mnrt dokter penanganan apa yg mesti sy lakukan? apakah kmgkn anak sy pny alergi? mengingat sblmnya saya rutin makan telur ayam, terima kasih, wassalamu'alaikum( laki-laki, 1 thn,60 cm,10 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Biang keringat di dalam bahasa medis dikenal dengan miliaria. Miliaria adalah penyakit kulit yang ditandai dengan kemerahan, muncul papul (bintil-bintil), dan gatal. Penyebab dari miliaria adalah sumbatan dari kelenjar keringat akibat dari kondisi udara yang panas dan lembab. MIliaria umum terjadi pada anak dan bayi karena fungsi kelenjar keringat mereka yang belum sempurna.

Miliaria terdiri atas 4 jenis berdasarkan karakteristik masing-masing. Berdasarkan deskripsi Anda, kemungkinan bayi Anda memiliki miliaria rubra. Penanganan miliaria adalah :

  • hindari udara panas dan lembab yang bisa menyebabkan bayi tambah berkeringat
  • gunakan lotion calamin untuk mendinginkan dan mengurangi gatal (caladine termasuk lotio calamin)
  • kompres dingin pada bagian miliaria apabila sangat gatal
  • hindari kulit bayi dari iritasi (baju tebal, sabun dewasa)
  • penggunaan steroid topikal dapat digunakan untuk mengurangi gatal
  • antiseptik dan antibiotik antistaphylococcal akan menghambat pertumbuhan bakteri (apabila terjadi komplikasi pertumbuhan bakteri sekunder)

Miliaria bukanlah manifestasi dari alergi. Sulit untuk mengetahui apakah anak Anda memang benar mengalami miliaria atau penyakit kulit lainnya (yang bisa disebabkan karena alergi). Pemeriksaan untuk menegakkan diagnosis harus dilakukan secara langsung. Alergi dapat terjadi apabila bayi memakan telur sebelum usia 1 tahun. Namun apabila ibu yang memakannya, kemungkinan terjadi alergi pada bayi melalui pajanan ASI sangat kecil.

Apabila memang keluhan ini adalah miliaria maka terapinya adalah yang kami tuliskan di atas. Konsultasikan ke dokter apabila keluhan semakin mengganggu. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(TIm Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar