Sukses

Perdarahan akibat obat penguat rahim?

15 May 2009, 09:08 WIB
Wanita, 32 tahun.
Pagi Dokter... Saya ingin berkonsultasi lagi, saya sudah terlambat menstruasi selama 9 hari (dihitung dari siklus saya yg 25 hari) atau terlambat 4 hari jika dihitung dalam bulan. Lalu kemarin saya melakukan PP test dan hasilnya positif, saya ke dokter dan diberi Allysterol 5 mg, Folavit dan Becombion 2x1. Baru semalam saya minum obat tsb, tadi pagi saya mengalami flek. Apakah saya mengalami keguguran? Dok...apakah obat penguat itu tidak cocok untuk saya? Karena bukan cuma sekali saya mengalami ini, kejadiannya sama, begitu saya minum obat penguat itu, saya lalu mengalami flek dan akhirnya abortus. Obat penguat itu sendiri jenisnya apa ya Dok?? Sekian, Terima kasih banyak. ( perempuan, 32 thn,153 cm,56 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Kami akan mencoba menjelaskan obat-obatan yang diberikan oleh dokter Anda :

1. Folavit tablet berisikan asam folat yang diindikasikan untuk membantu pertumbuhan saraf dan otak janin.

2. Becombion berisikan kombinasi vitamin B kompleks yang dapat membantu mengurangi mual dan muntah di masa kehamilan

3. Allylestrenol merupakan obat golongan hormonal (estrogen dan progesteron) yang membantu mengatasi kemungkinan terjadinya keguguran

Tidak ada istilah obat penguat rahim karena memang tidak ada istilah rahim yang lemah di dunia medis. Yang dikenal hanyalah gangguan dari rahim (alat reproduksi) dan perkembangan janin akibat berbagai macam hal.

Diantara ketiga obat tersebut, yang memiliki efek samping gangguan perdarahan ireguler (irregular menstrual bleeding) adalah allylestrenol, namun efek samping ini jarang sekali terjadi. Sedangkan kedua obat sisanya hanya merupakan suplemen vitamin untuk perkembangan janin. Kami tidak dapat memastikan apakah Anda mengalami keguguran atau tidak sebelum melakukan pemeriksan secara langsung. Kami sarankan agar Anda segera berkonsultasi kepada dokter kebidanan yang merawat Anda untuk evaluasi lebih lanjut guna memastikan kondisi janin saat ini. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar