Sukses

Azoospermia (seks)

13 May 2009, 17:44 WIB
Wanita, 30 tahun.
dok,saya menikah 5tahun blm punya anak.sudah konsultasi dengan dr,kandungan dri saya tidak ada masalah tapi hasil analisa sperma'tidak ditemukan sperma.saya haid teratur tiap bulan tgl 6,tapi 3bln terakhir ini tidak teratur. bilan pebruari tgl8,bln maret tgl12,bln april tgl 16 dan bln mei ini tgl 8. perdarahan banyak selama 3hari. yang ingin saya tanyakan normalkah siklus haid saya ini? bagaimana cara menghitung masa subur saya? therapi apa yang harus dilakukan untuk hasil analisa sperma suami saya? trimakasih ( perempuan, 30 thn,150 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Kami akan mencoba menjawab pertanyaan yang Anda ajukan :

1. Normalkah siklus haid saya ini? bagaimana cara menghitung masa subur saya?

Siklus haid normal berkisar dari 21-35 hari dengan masa keluar haid 3-7 hari. Siklus Anda 3 bulan terakhir ini masih tergolong normal. Mungkin perubahan siklus haid dapat disebabkan karena perubahan hormonal, baik Anda memakai kontrasepsi atau kondisi yang sedang banyak pikiran (stres).

Menghitung masa subur dapat dilakukan apabila siklus haid teratur. Rumusnya adalah 14 hari sebelum hari pertama haid berikutnya plus minus 2 hari. Apabila Anda merencanakan kehamilan, disarankan untuk berhubungan intim teratur, 2-3x dalam seminggu

2. Terapi apa yang harus dilakukan untuk hasil analisa sperma suami saya?

Kondisi tidak adanya sperma dalam dunia medis dikenal dengan azoospermia. Azoospermia yaitu suatu keadaan dimana tidak ditemukan satupun sperma dalam cairan ejakulat. Kondisi ini dapat terjadi akibat sumbatan saluran sperma, atau akibat penurunan produksi sperma dalam buah zakar. Untuk mengetahuinya, perlu dilakukan serangkaian pemeriksaan meliputi pemeriksaan fisis langsung, pemeriksaan sperma, hingga pemeriksaan hormon. 

Dengan tidak adanya sperma yang dibutuhkan untuk membuahi sel telur, tentu tidak akan terjadi kehamilan. Namun azoospermia akibat sumbatan saluran sperma masih dapat diperbaiki dengan jalan operasi, sedangkan azoospermia akibat penurunan produksi sperma tidak.  Meskipun operasi yang dilakukan juga tidak bisa menjamin 100% kesuburan seorang laki-laki. 

Konsultasikanlah kembali hasil analisa sperma ini kepada dokter spesialis andrologi. Apabila tidak dapat diperbaiki, mungkin bayi tabung adalah salah satu alternatif untuk memperoleh keturunan. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar