Sukses

Penebalan dinding rahim?

20 Oct 2014, 09:17 WIB
Wanita, 24 tahun.
pagi dok...saya rysa ibu rumah tangga yang udah menikah 1 tahun tapi blom diberi momongan.yg saya mau tanyakan siklus haid bulan april lalu itu tanggal 13 april biasanya setiap bulan maju 5 hari.saya hitung pake kakalator kesuburan seharusnya haid saya dateng tanggal 5 mei ini.apa bener begitu dok...soalnya klo bener berarti saat ini saya lagi telat 7 hari ya dok.1 minggu ini perut bawah saya persisnya diatas vagina sering keram dan nyeri.biasanya nyeri iru hanya berlangsun 2-3 hari kalo mau haid tapi kok ini samapi 1 minggu ini belum hilang juga.kadang nyeri kadang hilang.puting payudara juga lagi sakit dan nyeri.apa itu bisa dibilang tanda-tanda kehamilan dok?soalnya saat ini saya lagi flu dan agak demam 38 derajat celcius,kepalanya agak pusing dan terkadang mual tapi gak sering.saya kena flu baru 3 hari ini dok.sementara saya hanya minum obat panadol hijau yg untuk flu.karena saya takutnya hamil jd gak berani minum obat-obatan lain selain panadol.karena setau saya hanya obat panadol yg boleh diminum oleh orang hamil. mohon petunjuknya dok.apabila yg saya keluhkan ini benar gejala hamil.saya akan mulai menjaga diri.untuk cek saya belum berani takutnya...negatif dan jadi kecewa lagi.terima kasih dok. oh iya dok satu lagi untuk flash back aja waktu bulan maret saya sempet telat 8 hari kalo menurut kalkulator kesuburan saya haid tanggal 10 tapi baru haid tanggal 18.sebelumnya pada tanggal 6 maret saya pergi cek kedokter kandungan.maksudnya buat konsultasi aja.terus pas diUSG dokternya bilang lagi penebalan dinding rahim itu artinya apa ya dok?soalnya dokter kandungannya gak menjelaskan arti penebalan dinding rahim.dan saat itu saya diberi vitamin dalfarol dok yg diminum 1 x sehari.terus haid saya telat deh baru tanggal 18 dateng haid apa itu karena vitamin dalfarolnya saya telat haid dok?terima kasih dok? saya tunggu jawabannya ya dok.( perempuan, 24 thn,159 cm,75 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kata kunci dari seluruh keluhan Ibu adalah penebalan dinding rahim atau yang disebut juga hiperplasia endometrium. Keadaan ini memang dapat menyebabkan siklus menstruasi yang tidak teratur pada tahap awal. Karena itu sering telatnya menstruasi pada Ibu lebih berkaitan pada keadaan hiperplasia endometrium ini. Lama-lama gejalanya justru perdarahan atau menstruasi terus menerus dalam jumlah banyak, sehingga dapat menyebabkan anemia. Keadaan ini juga dapat menyebabkan Ibu sulit hamil (infertilitas).

Peningkatan kadar hormon estrogen (misalnya karena kista) berkaitan dengan penebalan yang berlebihan ini. Selain itu, ketidakseimbangan hormonal antara estrogen dan progesteron juga dapat menyebabkan keadaan tersebut. Ketidakseimbangan hormon ini biasanya dialami oleh perempuan yang memiliki berat badan berlebih karena produksi hormon estrogen yang berlebih. Karena pada Ibu sudah dilakukan pemeriksaan USG, dan dokter tidak menyebutkan adanya kista, mungkin penyebab kista sudah dapat disingkirkan. Berdasarkan perhitungan indeks massa tubuh, Ibu termasuk dalam golongan overweight atau berat badan berlebih. Karena itu bisa saja penebalan dinding rahim pada Ibu disebabkan karena hal ini.

Pertama-tama Ibu dapat mencoba menurunkan berat badan, dengan cara berdiet serta berolahraga secara teratur. Sebaiknya Ibu juga berkonsultasi kembali dengan dokter Ibu untuk mendiskusikan perlu atau tidaknya terapi hormon untuk menangani keadaan hiperplasia endometrium ini.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar