Sukses

Anak malas sekolah

20 Oct 2014, 03:39 WIB
Wanita, 33 tahun.
Pagi dok..anak pertama saya perempuan berumur 5 tahun, dan sudah saya sekolahkan TK semenjak umur 4 tahun,namun saat ini anak saya mengalami kejenuhan dalam lingkungan sekolah, akibatnya, beberapa bulan ini, jarang masuk sekolah. sedangkan dalam lingkungan rumah, sehari"nya dia juga jarang bermain dengan anak" seusianya, hanya bermain sendiri atau dengan saya maksud saya menyekolahkan dia lebih awal adalah supaya dia dapat bersosialisasi dengan teman" seusianya, tidak kuper. namun, bila dia bertemu dengan anak lain yang baru dikenalnya -mis. di kolam renang atau tempat bermain anak- dia tidak mengalami kesulitan untuk bergaul dan bermain bersama. pertanyaan saya; apa yang sudah saya lakukan selama ini sudah benar? kesannya saya terlalu memaksakan kehendak dengan menyekolahkan dia. apa ada pengaruhnya dalam perkembangan psikis si anak? terlebih lagi saya merencanakan tahun depan akan memasukkan dia sekolah SD, saya takut dia tidak bisa menyesuaikan diri dilingkungan sekolah yang baru. terimakasih dok... ( perempuan, 33 thn,156 cm,47 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Anak  umur 5 tahun kadang-kadang masih ingin bermain dan malas ke sekolah. Sebetulnya taman kanak-kanak adalah sekolah awal yang masih banyak unsur bermainnya , karena itu namanya dalam bahasa inggris adalah kindergarten dimana anak belajar sambil bermain dan bernyanyi mesti bergaul dengan teman - temannya.

Sayangnya TK sekarang sudah diberi pelajaran seperti sekolah dasar misalnya membaca yang kadang-kadang menyebabkan anak stress atau tertekan. Pendapat saya anak umur lima tahun sebaiknya mulai sekolah taman kanak-kanak akan tetapi tidak perlu dipaksa.

Salam

dr. Imral Chair, Sp. AK

    0 Komentar

    Belum ada komentar