Sukses

Kehamilan berdasarkan HPHT

20 Oct 2014, 10:32 WIB
Wanita, 40 tahun.
selamat pagi dok.. terimakasih atas jawaban dari pertanyaan saya minggu kemarin.. sekarang saya mau bertanya lagi..seingat saya HPHT saya tanggal 3 Feb 2009, jadi kalau tidak salah hitung kandungan saya seharusnya umur 13 minggu, tetapi hasil pemeriksaan di usg sudah 15 minggu dengan panjang janin 9,74 ketebalan tengkuk 1,5 mm. Mengapa bisa begitu ya dok? Normal nggak? DSOG saya bilang mungkin saya salah mengingat HPHT saya, padahal seingat saya tanggal 3 Feb 2009 saya masih mengalami menstruasi. Sampai saat ini saya juga masih belum nafsu makan, maskipun sudah minum susu dan vitamin untuk ibu hamil, sehingga berat badan belum naik2. Apakah kondisi demikian berbahaya untukjanin saya? Terimakasih atas jawabannya.( perempuan, 40 thn,160 cm,60 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih atas kesetiaan Anda menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi perhitungan kehamilan menurut HPHT. Perhitungan kehamilan menurut HPHT hanya dapat dipercaya apabila Anda memiliki siklus menstruasi teratur dan normal (siklus 21-35 hari, @3-7 hari). Apabila siklus Anda tidak teratur maka perhitungan ini tidak valid. Penyebab kedua, mungkin saja yang Anda katakan menstruasi sebenarnya hanyalah flek perdarahan tanda implantasi (perlekatan janin ke rahim) sehingga seharusnya HPHT Anda adalah sebelumnya.

Jadi perhitungan menurut HPHT pun dipengaruhi oleh banyak hal, dan memiliki persyaratan. Harus diteliti lebih lanjut lagi apabila ingin mencari usia kehamilan berdasarkan HPHT. APabila Anda ragu maka Anda berhak mencari second opinion ke dokter spesialis kebidanan lainnya.

Anda baru memasuki trimester kedua dimana hormonal Anda baru akan mulai stabil. Berat badan akan perlahan-lahan naik di trimester kedua dan akan meningkat drastis pada trimester ketiga. Berat badan ibu hamil akan meningkat sebanyak 0,5kg/minggu. Anda tidak perlu terlalu khawatir.

Anda dapat menggunakan fitur Kalender Kehamilan kami yang terdapat di halaman depan website untuk mengetahui peningkatan berat badan normal sewaktu hamil. Anda juga akan memperoleh informasi kehamilan selama 40 minggu beserta tipsnya. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(TIm Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar