Sukses

Kekurangan kalsium saat hamil

19 Oct 2014, 23:00 WIB
Wanita, 30 tahun.
Dokter yang terhormat, 1.Saat ini usia kandungan saya sudah memasuki bulan ke-5, tapi pada bagian perut bawah beberapa hari belakangan ini sering terasa ngilu. Apakah benar karena kekurangan kalsium? 2. Bolehkan mengkonsumsi obat2 herbal selama hamil, disamping obat2an dari dokter? 3. Saya memliki riwayat penyakit Asma, apakah ini akan berdampak buruk pada persalinan nanti? Terimakasih.( perempuan, 30 thn,155 cm,43 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Kami akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan yang Anda ajukan :

1.Saat ini usia kandungan saya sudah memasuki bulan ke-5, tapi pada bagian perut bawah beberapa hari belakangan ini sering terasa ngilu. Apakah benar karena kekurangan kalsium?

Perut bagian bawah terasa nyeri dapat disebabkan karena beberapa hal. Mungkin perlu Anda perhatikan lagi apakah nyeri tersebut seperti layaknya kontraksi atau hanya sekadar nyeri yang dapat ditahan. Berhati-hatilah apabila nyeri yang Anda alami adalah kontraksi karena dapat mengancam keselamatan janin, apalagi bila ditunjang dengan adanya perdarahan dari vagina.

Penyebab lain nyeri perut bawah adalah infeksi saluran kemih akibat dari kurang terjaganya kebersihan kemaluan dan kurang minum. Berikutnya mungkin saja kekurangan kalsium menjadi penyebab keram pada otot, bukan hanya pada perut saja. Tanda-tanda kekurangan kalsium salah satunya adalah gusi sering terasa sakit, gusi berdarah, HB rendah, sering lesu, dan lainnya. Jadi perlu dievaluasi lebih lanjut lagi apa penyebab nyeri tersebut.

2. Bolehkan mengkonsumsi obat2 herbal selama hamil, disamping obat2an dari dokter?

Obat-obatan herbal belum terbukti secara penelitian (medis) aman untuk dikonsumsi oleh wanita hamil. Pada saat hamil sebaiknya membatasi konsumsi obat kecuali dari dokter (sudah terbukti aman untuk wanita hamil). Hal ini untuk mencegah terjadinya efek samping dari obat tersebut ke janin

3. Saya memliki riwayat penyakit Asma, apakah ini akan berdampak buruk pada persalinan nanti?

Tergantung dari seberapa parah asma yang Anda miliki. Apabila asma Anda ringan dan tidak sering kambuh maka tidak akan ada masalah saat melahirkan nanti. Namun apabila asma Anda berat dan dikhawatirkan Anda tidak dapat mengedan ketika melahirkan nanti, mungkin dapat dipertimbangkan pengendalian asma ketika hamil, melahirkan percobaan, atau kalau perlu operasi caesar.

Ketiga pertanyaan Anda diatas harap dikonsultasikan kembali ke dokter spesialis kebidanan yang merawat Anda. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)
 

    0 Komentar

    Belum ada komentar