Sukses

Mioma akibat obat penyubur?

07 May 2009, 13:00 WIB
Wanita, 40 tahun.
dokter yth, saya barusan ke dokter melakukan usg hasilnya ada gumpalan hitam, yang kata dokter mungkin itu mioma atau kista tapi dokter tsb belum yakin, dan saya disarankan ke lab. yang lebih lengkap. perlu diketahui bahwa saya belum pernah hamil dan ada keinginan untuk hamil, sudah pernah dikasih obat penyubur akan tetapi belum berhasil. yang saya tanyakan apakah ada pengaruh obat-obatan tsb pada kandungan saya? Maksud saya bisa menyebabkan kista atau mioma?( perempuan, 40 thn,150 cm,47 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Kista indung telur (kista ovarium) adalah kumpulan cairan yang dikelilingi oleh dinding tipis di dalam indung telur. Terdapat beberapa macam kista indung telur, kebanyakan merupakan kista fungsional yang dapat terjadi secara alami dan tidak berbahaya.

Sedangkan mioma uteri atau juga dikenal dengan leiomioma uteri atau fibroid adalah tumor jinak rahim yang paling sering didapatkan pada wanita.Obat-obatan penyubur yang diberikan pada Anda kemungkinan memiliki bahan aktif hormonal, dapat progesteron atau estrogen. Penyebab mioma sendiri masih belum pasti namun memiliki beberapa faktor risiko. Hormon estrogen akan meningkatkan pertumbuhan mioma, harap diingat, meningkatkan bukan menyebabkan.

Mungkin saja Anda awalnya memiliki mioma kecil dan bertambah besar ketika diberikan obat penyubur, seandainya obat tersebut berisikan zat aktif estrogen. Progesteron tidak meningkatkan pertumbuhan mioma. Lebih lanjut mengenai mioma dapat anda baca dengan mengakses URL Link berikut:

https://www.klikdokter.com/illness/detail/26

Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar