Sukses

Tekanan darah tinggi
20 Oct 2014, 06:10 WIB
Wanita, 18 tahun.
Slmt siang dok.. saya ingin bertanya mengenai tekanan darah. Apakah mungkin kita memiliki tekanan darah sistol dibawah normal sdangkan nilai diastolnya diatas nomal ataupun sebaliknya?? misalnya 100/90 mmHg. Apa artinya dok?? Terima kasih dok.. tlg jwbnnya dikirim lwt email..( perempuan, 18 thn,152 cm,46 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Peningkatan tekanan darah dalam hal ini dapat berarti peningkatan sistolik maupun peningkatan diastolik.

Sistolik adalah pengukuran tekanan darah ketika jantung berkontraksi dan memompa darah ke pembuluh darah aorta (menyalurkan darah ke seluruh tubuh) dan pembuluh darah pulmonal (menyalurkan darah ke paru). Apabila terjadi peningkatan tekanan di dalam pembuluh darah (terutama aorta), maka jantung akan membutuhkan tekanan lebih besar untuk memompa darah ke dalam pembuluh darah (sesuai dengan hukum fisika dimana gradien tekanan mengalir dari tinggi ke rendah).

Peningkatan tekanan pembuluh darah dapat terjadi karena pengerasan pembuluh darah (arteriosklerosis) akibat dari penumpukan kolesterol, penyakit diabetes melitus, atau proses penuaan. Apabila jantung meningkatkan tekanannya maka secara otomatis tekanan darah sistolik akan meningkat. Hal itulah yang disebut dengan prehipertensi, hipertensi derajat 1 dan 2. Seseorang dengan prehipertensi umumnya hanya membutuhkan diet rendah garam, olahraga, dan perubahan pola hidup lebih sehat untuk menormalkan tekanan darahnya.

Diastolik adalah tekanan ketika jantung sedang mengisi darah sebelum dipompakan. Peningkatan diastolik umumnya karena gangguan hemodinamik atau sirkulasi. Peningkatan diastolik umumnya terjadi pada usia muda. Obesitas banyak berkaitan dengan peningkatan tekanan darah diastolik.

Menurut the Joint National Committee VII (JNC VII), hipertensi diklasifikasikan seperti dalam tabel 1.

Tabel 1. Klasifikasi hipertensi menurut JNC VII

KLASIFIKASI TD SISTOLIK TD DIASTOLIK
Normal < 120   mmHg dan  < 80   mmHg
Pre-hipertensi 120-139 mmHg atau 80-89  mmHg
Hipertensi stadium 1 140-159 mmHg atau 90-99  mmHg
Hipertensi stadium 2 >= 160  mmHg atau >= 100 mmHg

Tekanan darah Anda tiga adalah 100/90 mmHg. Dengan demikian anda sudah termasuk dalam kategori hipertensi stadium 1. Namun diagnosis tekanan darah tinggi memiliki beberapa persyaratan tertentu. Pengukuran tekanan darah sebaiknya dilakukan 2 kali berturut-turut dengan rentang waktu beberapa hari (1 minggu), dan dalam kondisi relaks (santai). Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai hipertensi melalui artikel kami di :

http://jantung.klikdokter.com/subpage.php?id=1&sub=73

Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar