Sukses

Kontrasepsi suntik 3 bulan

20 Oct 2014, 10:13 WIB
Wanita, 32 tahun.
Saya wanita menikah,umur 32thn, dengan anak 2 orang,yang pertama umur 5thn, anak kedua 4thn,berat badan saya 67kg tinggi 160cm, saya sekarang sedang mengikuti program KB dengan kontrasepsi suntik per tiga bulan, awalnya yang tiap 1 bulan sekali tapi 3 bulan yg lalu saya ganti, dan setelah ganti yang per tiga bulan menstruasi bisa 3minggu pada bulan pertama dan ini bulan ketiga malah saya tidah dapat mens, malah sudah 2minggu ini hanya pagi yang seperti flek mau mens, tapi siang nya bahkan 10mnt setelah itu flek gak keluar lagi. Yang ingin saya tanyakan, apakah flek tersebut normal? dan kenapa saya belum mens juga? apakah dengan suntik saya bisa hamil? belakangan sering mual dan pusing, saya ingin memeriksakan ke dokter tapi belum ada waktu. Mohon dibantu jawabanya ya. Thanks.( perempuan, 32 thn,160 cm,67 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Ketidakteraturan menstruasi pada awal penyuntikan kontrasepsi KB 3 bulan adalah wajar terjadi. Hal tersebut berkaitan dengan adaptasi tubuh Anda terhadap hormonal yang terkandung di dalam kontrasepsi tersebut.

Apabila kondisi hormonal Anda sudah stabil maka umumnya siklus Anda akan kembali normal. Namun pada beberapa wanita, kontrasepsi ini akan menyebabkan tidak terjadinya menstruasi, hal tersebut normal terjadi. Menstruasi tidak terjadi karena hormon kontrasepsi tersebut menghalangi pembentukan dinding rahim sehingga tidak ada yang meluruh menjadi menstruasi. Kemungkinan kehamilan dengan pemakaian Kontrasepsi suntikan 3 bulan berkisar 03,%. Mual dan pusing juga merupakan efek samping awal dari pemakaian KB tersebut.

Apabila keluahan mual dan pusing bertambah berat maka kami sarankan agar berkonsultasi langsung ke dokter Anda. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(TIm Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar