Sukses

Hepatitis B

20 Oct 2014, 10:13 WIB
Pria, 25 tahun.
suami saya positif hepatitis B beberapa tahun lalu. pernikahan saya sudah 1 tahun dan sekarang saya hamil 5 bulan. sebelum menikah saya sudah pernah imunisasi hep.B (3 tahapan). pertanyaan saya: 1. apakah saya perlu periksa terkait hepa. B? mengingat saya hamil 2. suami saya sekarang terapi minum suplemen curcuma (katanya baik untuk hati). apakah ini harus diminum rutin? 3. apa saja yang harus suami saya lakukan agar ke depan penyakitnya tidak parah? 4. untuk pemeriksaan rutin suami saya harusnya berapa kali? terimakasih.( laki-laki, 25 thn,175 cm,80 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Hepatitis (radang pada hati) B  adalah penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis B (VHB), yang dapat menyebabkan peradangan hati akut atau menahun. Pada sebagian kecil kasus dapat berlanjut menjadi sirosis hati atau kanker hati. Virus hepatitis B menular melalui darah dan cairan tubuh yang terinfeksi. Virus ini pun dapat menyebar melalui hubungan seksual. Kami akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan yang Anda ajukan :

1. apakah saya perlu periksa terkait hepa. B? mengingat saya hamil

Pemeriksaan Hepatitis B adalah pemeriksaan yang memang rutin dilakukan pada ibu hamil. Hal ini mengingat beberapa tindakan yang perlu dilakukan seandainya memang ibu hamil terinfeksi hepatitis. Terlebih lagi Anda memiliki risiko yaitu suami memiliki riwayat Hepatitis B, maka tidak ada salahnya untuk memeriksakan ke dokter


2. suami saya sekarang terapi minum suplemen curcuma (katanya baik untuk hati). apakah ini harus diminum rutin?

Sebenarnya yang menjadi pertanyaan adalah apakah suami Anda masih terjangkit virus Hepatitis B? Apabila hepatitis B yang dahulu adalah akut maka suami Anda sudah sembuh. Namun apabila menahun maka suami Anda masih mengidap hepatitis B. Curcuma hanya diminum bagi mereka yang mengalami hepatitis B baik akut maupun menahun. Untuk mereka tanpa penyakit hepatitis, suplemen ini tidak diperlukan. Pemberian curcuma pun akan tergantung dari fungsi hati itu sendiri, tidak semuanya harus meminum curcuma

3. apa saja yang harus suami saya lakukan agar ke depan penyakitnya tidak parah?

Berkonsultasilah ke dokter secara rutin. Jangan kelelahan dan jaga pola hidup sehat.

4. untuk pemeriksaan rutin suami saya harusnya berapa kali?

Tergantung dari fase yang suami Anda hadapi saat ini. Apabila akut mungkin perlu 2 minggu sekali. Namun apabila menahun, mungkin 1,2, atau bisa sampai 6 bulan sekali.

Saran kami berkonsultasilah ke dokter yang menangani suami Anda sejak awal untuk evaluasi kondisi hepatitis B tersebut. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar