Sukses

Kontrasepsi pil dan suntik

20 Oct 2014, 10:13 WIB
Pria, 32 tahun.
Salam kenal Pak / Ibu Dokter Seakrang istri saya KB pake PIL ( yasmin ) sdh 2 thn. yang saya ingin tanyakan...kenapa sehabis minum pil istri saya merasa enek dan mual. 1. Apakah Pil nya sdh tidak cocok atau harus ganti 2. Jika ingin ganti dgn KB suntik... yg cocok...? tidak buat gemuk dan tiap bulan ada haid... Terima kasih Salam Halim ( laki-laki, 32 thn,160 cm,56 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / saudara yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Untuk konsultasi selanjutnya mengenai istri Anda, mohon data dasar (usia, BB, TB) istri Anda yang dicantumkan. Kami akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan yang Anda ajukan :

1. Apakah Pil nya sdh tidak cocok atau harus ganti?

Sayang sekali Anda tidak menjabarkan sejak kapan rasa mual tersebut terjadi, apakah sejak awal meminum pil atau baru akhir-akhir ini. Apabila memang sejak awal maka mungkin saja memang hal tersebut adalah efek samping dari pil. Mual adalah salah satu efek samping dari kontrasepsi oral (pil). Namun apabila baru akhir-akhir ini terjadi setelah selama 2 tahun mengonsumsinya, sebaiknya dicari terlebih dahulu penyebab lainnya. Mungkin saja ada gangguan pencernaan atau istri Anda hamil.

Evaluasi harus terlebih dahulu dilakukan sebelum memutuskan bahwa mual ini berasal dari kontrasepsi oral.  Berkonsultasilah terlebih dahulu ke dokter mengenai hal ini. Setelah melakukan pemeriksaan secara menyeluruh, apabila memang dokter mencurigai kontrasepsi sebagai penyebabnya, maka mungkin saja dilakukan trial atau percobaan penghentian kontrasepsi untuk sementara

2. Jika ingin ganti dgn KB suntik... yg cocok...? tidak buat gemuk dan tiap  bulan ada haid...

Kontrasepsi suntikan terdiri atas kontrasepsi progestin (1 bulan) dan kontrasepsi suntikan kombinasi (3 bulan). Pada kontrasepsi suntikan progestin, umumnya wanita akan mendapatkan menstruasi setiap bulannya (meskipun tidak banyak atau terkadang normal) dan berat badannya terjaga. Tapi tidak semua wanita mengalami hal tersebut. Semua akan tergantung bagaimana tubuh wanita tersebut menerima kontrasepsi. Hal ini disebabkan karena kontrasepsi suntikan berisikan hormonal yang akan mengganggu sirkulasi hormonal di tubuh wanita. Jadi masing-masing tubuh akan berbeda reaksinya.

Mungkin saja dengan KB suntik progestin, ada yang tidak mendapatkan haid dan meningkat berat badannya. Mungkin perlu Anda ketahui bahwa tidak mendapatkan haid ketika menggunakan kontrasepsi hormonal bukan berarti darahnya terkumpul di dalam rahim dan tidak bisa keluar. Hal tersebut terjadi karena tidak adanya penebalan dinding rahim sehingga tidak ada yang meluruh, dan akibatnya memang tidak akan terjadi menstruasi.

Anda dapat membaca lebih jauh mengenai kontrasepsi pada Rubrik Seks kami. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(TIm Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar